SOLOPOS.COM - Tim SAR Klaten bersama TRC BPBD Klaten mengevakuasi seorang pemuda yang menceburkan diri ke sumur di Kecamatan Bayat, Minggu (14/1/2024). (Istimewa/TRC BPBD Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Seorang pemuda asal Kecamatan Bayat, Klaten, berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat setelah mencebur ke sumur tetangganya pada Minggu (14/1/2024).

Pemuda berinisial MI, 30, itu diketahui mengalami depresi dan hendak dibawa ke rumah sakit. Namun pemuda itu menolak dan malah lari masuk ke sumur.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ia diselamatkan oleh tim Search and Rescue (SAR) Klaten bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten serta sukarelawan.

Kapolsek Bayat, Klaten, AKP Diyatno, membenarkan seorang pemuda yang berhasil diselamatkan setelah menceburkan diri ke sumur. Dia menjelaskan korban berhasil dievakuasi oleh tim SAR Klaten dan BPBD Klaten.

“Berhasil dievakuasi dengan selamat. Langsung dilarikan ke rumah sakit,” jelas Kapolsek saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Komandan SAR Klaten, Irwan Santosa, mengatakan laporan diterima sekitar pukul 09.36 WIB. Menerima informasi itu, SAR Klaten bersama tim Damkar, BPBD, serta sukarelawan mendatangi lokasi.

“Kemudian kami lakukan asesmen dan mendapat informasi bahwa korban mengalami depresi, mau dibawa ke rumah sakit tetapi menolak dan lari masuk ke sumur,” kata Irwan.

Tim SAR kemudian melakukan proses negosiasi dengan keluarga dan MI. Pemuda itu berada di dalam sumur dengan kedalaman sekitar 15 meter dan ketinggian permukaan air sekitar 3 meter dari dasar sumur.

Korban bisa tetap berada di permukaan air diperkirakan karena berpegangan pada dinding sumur. Sekitar satu jam proses evakuasi berlangsung, MI akhirnya berhasil diangkat dari sumur dalam keadaan selamat.

“Tadi kami lakukan proses negosiasi, kemudian kami turun lakukan penanganan, kami angkat ke permukaan, alhamdulillah dalam kondisi selamat tidak ada cedera,” ungkap Irwan.

Setelah berhasil dievakuasi, MI kemudian diserahkan ke petugas medis untuk selanjutnya mendapatkan perawatan di RSJD dr RM Soedjarwadi Klaten.

Tim TRC BPBD Klaten, Indiarto, juga menjelaskan MI berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Korban menceburkan diri ke sumur milik tetangganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya