SOLOPOS.COM - Caleg perempuan dari PDIP, Latri Listyowati yang diprediksi kembali lolos ke Parlemen di Pemilu 2024 saat dijumpai di rumahnya pada Jumat (23/2/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Di tengah ketatnya petarungan Pemilu 2024 lalu, calon legislatif (caleg) perempuan dari PDIP, Latri Listyowati, diprediksi kembali meraih kursi DPRD Kabupaten Karanganyar.

Mantan buruh pabrik tekstil ini meraup perolehan suara tertinggi keempat di tingkat Kabupaten Karanganyar. Dari hasil perhitungan suara di Plano C1, perempuan yang karib disapa Latri tersebut meraup 12.900 suara di Dapil Karanganyar I yang meliputi Karanganyar, Mojogedang, dan Matesih.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Latri bakal menjadi anggota DPRD Karanganyar untuk periode yang keempat. “Karier politik saya dimulai sejak bergabung dengan PDIP di tahun 2007. Saat itu saya menjadi Sekretaris Biro Perempuan PDIP Kecamatan Karanganyar,” kata wanita berkerudung itu saat berbincang dengan Solopos.com, di kediamannya pada Jumat (23/2/2024).

Ia mengaku waktu itu statusnya masih buruh di salah satu pabrik tekstil di Kabupaten Sukoharjo. Sementara sang suami buruh serabutan. Hingga akhirnya di Pemilu 2009 PDIP meminta Latri maju sebagai caleg untuk memenuhi kuota 30% keterwakilan perempuan.

Tanpa modal materi yang cukup, Latri pun membulatkan tekad nyaleg di Dapil Karanganyar 1. Namun tak disangka, dari yang semula hanya sebagai pelengkap kuota caleg perempuan, Latri lolos melenggang ke parlemen. Bahkan hasil perolehan suaranya langsung melejit meraup 5.600 suara.

“Jadi waktu itu enggak ada modal apa-apa. Kabeh pas-pasan, wong hanya buruh pabrik, gaji UMK maju nyaleg. Itu pun nyaleg dinggo genep-genep kuota perempuan. Lah kok malah jadi,” kata Latri.

Selama kampanye, dia hanya mengandalkan dana gotong royong dari kader partainya. Namun dengan semangat dan niat tulus, ia mampu merebut kursi di DPRD. Latri kemudian kembali maju nyaleg di Pemilu 2014. Perolehan suaranya kedua terbanyak, yakni 9.000 suara.

Lalu di Pemilu 2019, perolehannya makin meningkat dengan meraih 11.000 suara dan kembali naik di Pemilu 2024 sebanyak 12.900 suara.

“Ibarat cah sekolah, peringkate naik terus,” kata Latri.

Latri tak menyangka perolehan suaranya di Pemilu 2024 tertinggi keempat. Di posisi pertama ada caleg petahana PDIP dari Dapil Karanganyar 5, Bagus Selo, dengan perolehan 14.524 suara. Lalu disusul caleg incumbent dari PDIP Dapil 3 Sartono dengan 14.428 suara, dan caleg incumbent Partai Golkar Dapil 1, Anung Marwoko, dengan 14.300 suara.

Di tengah kuatnya budaya patriarki dan sistem pemilu proporsional terbuka, Latri membuktikan caleg perempuan masih diperhitungkan. “Malah lebih luwes caleg perempuan dibandingkan laki-laki saat di masyarakat. Kita juga tidak kalah dengan laki-laki meski menjadi minoritas di DPRD,” kata dia.

Perempuan berkacamata ini mendapatkan amanah dari partai sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPC PDIP Karanganyar sekaligus merangkap Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP. Lalu di DPRD, Latri kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi B, anggota Badan Anggaran (Banggar), dan Wakil Ketua Fraksi PDIP.

Selama di parlemen Latri bertekad memperjuangkan hak-hak perempuan seperti mendapatkan pekerjaan dan lainnya. Dia juga fokus dalam pemberdayaan perempuan dengan cara memberi peluang dan bantuan usaha serta menggalakan bermacam kegiatan sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya