SOLOPOS.COM - Tenda berdiri di kawasan camping ground Sapuangin, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten, beberapa waktu lalu. (Istimewa/Pengelola Camping Ground Sapuangin)

Solopos.com, KLATEN — Kabupaten Klaten di Provinsi Jawa Tengah berpusat di Kota Klaten yang merupakan gabungan dari 3 kecamatan, yaitu Klaten Utara, Klaten Tengah, dan Klaten Selatan.

Melansir dari pn-klaten.go.id yang diakses pada Sabtu (12/8/2023), Kabupaten Klaten memiliki 26 Kecamatan yang terbagi atas 391 desa dan 10 kelurahan. Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Prambanan, Gantiwarno, Wedi, Bayat, dan Cawas.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kemudian, Trucuk, Kalikotes, Kebonarum, Jogonalan, Manisrenggo, Karangnongko, Ngawen, Ceper, Pedan, Karangdowo, dan Juwiring.

Lalu, Wonosari, Delanggu, Polanharjo, Karangnom, Tulung, Jatinom, Kemalang, Klaten Selatan, Klaten Tengah, dan Klaten Utara.

Menurut data yang dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kabupaten Klaten memiliki luas sebesar 655,56 kilometer persegi. Berikut ini merupakan daftar kecamatan terluas yang ada di Kabupaten Klaten.

Kemalang

Kecamatan Kemalang menjadi kecamatan terluas nomor 1 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Kemalang memiliki luas 51,66 kilometer persegi. Luas ini merupakan 7,88 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Bayat

Kecamatan Bayat menjadi kecamatan terluas nomor 2 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Bayat memiliki luas 39,43 kilometer persegi. Luas ini merupakan 6,01 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Jatinom

Kecamatan Jatinom menjadi kecamatan terluas nomor 3 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Jatinom memiliki luas 35,53 kilometer persegi. Luas ini merupakan 5,42 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Cawas

Kecamatan Cawas menjadi kecamatan terluas nomor 4 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Cawas memiliki luas 34,47 kilometer persegi. Luas ini merupakan 5,26 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Trucuk

Kecamatan Trucuk menjadi kecamatan terluas nomor 5 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Trucuk memiliki luas 33,81 kilometer persegi. Luas ini merupakan 5,16 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Tulung

Kecamatan Tulung menjadi kecamatan terluas nomor 6 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Tulung memiliki luas 32,00 kilometer persegi. Luas ini merupakan 4,88 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Wonosari

Kecamatan Wonosari menjadi kecamatan terluas nomor 7 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Wonosari memiliki luas 31,14 kilometer persegi. Luas ini merupakan 4,75 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Juwiring

Kecamatan Juwiring menjadi kecamatan terluas nomor 8 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Juwiring memiliki luas 29,79 kilometer persegi. Luas ini merupakan 4,54 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Karangdowo

Kecamatan Karangdowo menjadi kecamatan terluas nomor 9 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Karangdowo memiliki luas 29,23 kilometer persegi. Luas ini merupakan 4,46 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Manisrenggo



Kecamatan Manisrenggo menjadi kecamatan terluas nomor 10 yang ada di Kabupaten Klaten. Menurut data yang dilaporkan oleh BPS Kabupaten Klaten pada tahun 2019, Kecamatan Manisrenggo memiliki luas 26,96 kilometer persegi. Luas ini merupakan 4,11 persen dari jumlah luas yang ada di Kabupaten Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya