SOLOPOS.COM - Ketua DPC Partai Demokrat Sragen Budiono Rahmadi (tengah) didampingi dua fungsionaris DPC Partai Demokrat Sragen menyampaikan keterangann kepada wartawan tentang pertemuan Demokrat-PKS. (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN-Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) saling menjajaki koalisi untuk kepentingan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sragen 2024. Masing-masing partai politik (parpol) tersebut memiliki bakal calon bupati (cabup) masing-masing yang menjadi modal dalam koalisi.

Dua partai tersebut belum memiliki calon yang menjadi ikon untuk menggalang koalisi bersama tetapi sudah ada kesepahaman membangun Sragen bersama-sama ke depan. Rombongan pimpinan PKS diterima pimpinan DPC Partai Demokrat di Kantor DPC Partai Demokrat Sragen, Sabtu (8/6/2024) siang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pimpinan PKS terdiri atas tiga orang yakni Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Sragen Idris Burhanuddin, Ketua DPD PKS Sragen Rochmad Tejo Kuncoro, dan Ketua Bidang Kaderisasi DPD PKS Sragen Arif Munandar. Dari pihak Demokrat ada Ketua DPC Partai Demokrat Sragen Budiono Rahmadi didampingi sejumlah struktural dan fungsionaris DPC.

“Pertemuan Demokrat dan PKS itu baru penjajakan koalisi. PKS memiliki calon yang sudah mendaftar dan Demokrat juga memiliki calon sendiri, baik bakal cabup maupun bakal calon wakil bupati (cawabup). Kami penjajakan. Koalisi terbentuk itu harus mempertimbangkan siapa yang akan didorong dan berpeluang menang. Nanti kalau ada titik temu baru memungkinkan ada koalisi,” jelas Ketua DPC Partai Demokrat Sragen Budiono Rahmadi saat ditemui wartawan, Sabtu sore.

Budiono menerangkan ada masukan dari Demokrat agar pola pembentukan koalisi itu seperti model Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia menyampaikan koalisi itu bisa terbentuk kalau ada ikon calon yang akan diusung bersama sehingga bukan omon-omon.

“Jadi misalnya, PKS bisa menyodorkan Mas Sigit dan Mas Dedy, kami juga punya bakal cawabup, dan lain-lain. Kami berdiskusi dan nanti bisa dikerucutkan sehingga perlu berproses. Selain dengan PKS, kami juga akan bertemu dengan pimpinan Partai Gerindra Sragen. Yang penting calon ada peluang menang dan partai harus ikut berkonstribusi,” jelas Budiono.

Dia menyampaikan konstribusi yang dimaksud bukan sekadar partai pendukung tetapi Demokrat harus menjadi partai pengusung dan berpeluang menang tinggi. Dia mengatakan tentunya ada simulasi-simulasi lewat survei dengan cara memasang-masangkan nama-nama yang sudah ada, mengingat waktu pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen semakin terbatas.

“Dinamika masih bergulir. Kalaupun Demokrat harus mengusung bakal cawabup tidak apa-apa karena kami mengukur diri sendiri sehingga tidak harus mengusung bakal cabup,” jelasnya.

Ketua MPD PKS Sragen, Idris Burhanuddin, menyampaikan Demokrat merupakan partai ketiga yang dikunjungan PKS setelah Gerindra dan Partai Golkar Sragen. Dia mengatakan intinya PKS tidak bisa mengusung calon sendiri dengan lima kursi di DPRD Sragen. Atas dasar itulah, Idris menyampaikan PKS bersilaturahmi ke parpol-parpol untuk penjajakan koalisi. Dia berharap PKS dengan parpol-parpol yang dikunjungi bersama-sama membangun koalisi.

“Tadi sudah ada kesepamahan untuk membuat kendaraan yang akan dipakai menuju Pilkada 2024. Jadi kesepakatannya memang membuat perahu dulu. Kami sudah ada kesepahaman, bahwa siap membangun bersama-sama untuk Sragen ke depan. Tindak lanjutnya nanti dilakukan secara informal,” katanya.

Dia mengatakan personel PKS yang ikut ke Demokrat tidak banyak karena dalam waktu yang sama eks Wakil Bupati (Wabup) dari PKS Dedy Endriyatno juga menyerahkan berkas pendaftaran bakal cabup ke DPD PKS. Dia menyampaikan Tim 10 DPD PKS Sragen dibagi personelnya agar dua kegiatan yang berbeda itu bisa sama-sama jalan.

Berikut Daftar Bakal Cabup-Cawabup Partai Demokrat dan PKS di Sragen

Partai Demokrat

Bakal Cabup

  1. Untung Wina Sukowati (pengusaha dari Jakarta)
  2. Sigit Pamungkas (Tenaga Ahli Utama Staf Kepresidenan)

Bakal Cawabup

  1. Giana Saputra (pengusaha property dan pengurus PCNU Sragen)
  2. Danan Heruwanto (pengusaha dari Bener, Ngrampal, Sragen)
  3. Joko Saptono (eks pimpinan DPRD Sragen/kader internal Demokrat)
  4. Inggus Subaryoto (legislator DPRD Sragen/kader internal Demokrat)
  5. Harmono (legislator DPRD Sragen/kader internal Demokrat)

Sumber: Partai Demokrat Sragen

Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Bakal Cabup

  1. Dr. Aan Cahyanto Bayu Aji (pengusaha dan motivator asal Kedawung, Sragen)
  2. Sigit Pamungkas (Tenaga Ahli Utama Staf Kepresidenan)
  3. Dedy Endriyatno (eks Wabup Sragen)

Sumber:  PKS Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya