SOLOPOS.COM - Advokat BRM Kusumo Putro (baju lurik) saat mendaftar sebagai bakal Cawawali Solo di DPC PDIP Solo, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Nama BRM Kusumo Putro beberapa hari terakhir ramai menjadi buah bibir. Sebab nama itu ikut disebut oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai salah satu bakal calon pemimpin Solo, yang didukungnya.

Nama Kusumo Putro bersanding dengan beberapa nama lainnya yang disebut Gibran, seperti Kevin Fabiano, Her Suprabu, Astrid Widayani, Teguh Prakosa, dan Muhammad Taufiq. Kusumo adalah satu-satunya bakal Cawawali yang disebut Gibran.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebab nama-nama lain adalah pendaftar untuk posisi Cawali Solo, baik yang melalui PDI Perjuangan (PDIP) maupun Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Gerindra. Hanya Kusumo yang mendaftar posisi Cawawali Solo.

Berdasarkan catatan Solopos.com, Kusumo Putro merupakan Presiden Front Pembela Pancasila atau FPP yang dideklarasikan di Joglo, Sriwedari, Laweyan, pada 2011 silam. Deklarasi FPP dihadiri tokoh Solo, Mudrick Sangidu.

“FPP bertujuan menjaga pilar bangsa Indonesia dari rongrongan asing maupun dalam negeri. Jadi kami ada untuk menjaga keutuhan NKRI, serta memupuk jiwa nasionalisme dari putra-putri bangsa,” ujar dia, Rabu (22/5/2024) siang.

Kusumo tidak ingin rasa nasionalisme anak-anak bangsa, utamanya generasi muda, terus memudar seiring perkembangan zaman. Menurut dia, nilai-nilai Pancasila harus dikenalkan serta ditanamkan sejak dini kepada anak-anak.

Lingkungan pendidikan, lanjutnya, menjadi ruang sangat penting dan vital dalam upaya membangun kesadaran berbangsa dan bernegara. Seperti dengan memberikan pelajaran tentang pentingnya Pancasila, kepada para siswa sekolah.

Cara lainnya dengan mengenalkan dan terus menggaungkan salam Pancasila.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Gibran mengaku mendukung semua bakal Cawali-Cawawali Solo. Bahkan Gibran terang-terangan menyebut beberapa nama.

“Semua saya dukung, yang sudah daftar, semua saya dukung, dari partai mana pun. Yo kita sebutke satu-satu yoh, ada Kevin Fabiano, Her Suprabu, Mbak Astrid, Pak Teguh Wawali, Pak Kusumo, Pak Taufiq, Mas Ginda,” tutur dia.

Menurut Gibran, figur-figur pendaftar bakal Cawali-Cawawali Solo bagus semua. Apalagi semua figur mengusung tema keberlanjutan. “Hmm bagus-bagus semua. Dan hampir semua mengusung tema keberlanjutan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya