SOLOPOS.COM - Pengunjung memadati area parkir Kebun Raya Indrokilo Boyolali tempat berlangsungnya Boyolali Tourism Fest, Rabu (13/12/2023). (Solopos/Ni'matul Faizah)

S0lopos.com, BOYOLALI — Ratusan pengunjung mendatangi deretan stan yang menampilkan produk dari 39 pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM lokal saat digelar Boyolali Tourism Fest 2023 di halaman parkir Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Rabu (13/12/2023) sore.

Mereka berkeliling stan sambil melihat-lihat. Di latar belakang, terdapat suara komunitas musik lokal Milk City Friend Family yang menyanyikan lagu berjudul Indraloka Boyolali. Lagu tersebut milik band lokal Paskot. Pada acara tersebut band tersebut berkolaborasi dengan band lokal lain, KERP.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Tersenyum dari Jawa. Berbudaya untuk Indonesia. Damai makmur rakyatnya. Boyolali kita semua. Tersenyum dari Jawa. Berbudaya untuk Indonesia. Damai makmur rakyatnya. Boyolali Smile of Java,” begitu lirik para penyanyi gaya hip hop yang menyanyi di panggung.

Suara tersebut membuat beberapa penonton mengangguk-angguk mengikuti entakan musik hip hop. Di antara keramaian pengunjung dan latar belakang musik hip hop yang dinyanyikan musisi lokal Kota Susu di Boyolali Tourism Fest itu, tampak Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan.

Ia berkeliling didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Budi Prasetyaningsih, dan Ketua DPRD Boyolali, Marsono. Lelaki yang akrab disapa Iwan tersebut berkeliling mengunjungi seluruh stan yang ada.

Iwan juga berinteraksi dengan setiap pelaku UMKM. Ditemui setelah kunjungan, Iwan mengatakan Boyolali Tourism Festival diselenggarakan Disporapar Boyolali berkolaborasi dengan DPRD Boyolali sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 DPRD Boyolali.

Potensi Wisata

Iwan menjelaskan pada acara Boyolali Tourism Fest akan tampil musisi nasional Happy Asmara dan Souljah. Hadir juga beberapa band lokal asli Boyolali untuk menghibur para pengunjung.

“Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan potensi wisata di Boyolali melalui kegiatan ini, khususnya di Indrokilo Boyolali dapat semakin dikenal oleh masyarakat banyak,” kata dia.

Pengunjung yang datang diperkirakan tidak hanya dari Boyolali, sehingga mereka akan disuguhi berbagai produk UMKM sekaligus untuk promosi. Lebih lanjut, Iwan menyampaikan tidak ada target perputaran uang dalam kegiatan tersebut karena tujuannya hanya memperkenalkan UMKM di Boyolali.

“Biar semakin dikenal, biar ke depan semakin laris manis,” kata dia. Sebelumnya saat menyampaikan sambutan di acara Boyolali Tourism Fest, Iwan mewakili Bupati Boyolali, M Said HIdayat, mengatakan atas nama Pemkab Boyolali mengucapkan selamat hari jadi ke-73 untuk DPRD Boyolali.

Ia juga berharap sinergitas eksekutif dan legislatif dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Boyolali.

“Dalam rangka upaya pengembangan pariwisata Boyolali, pemerintah daerah terus berbenah dan melakukan koordinasi dan promosi terhadap perkembangan pariwisata berkelanjutan dengan melibatkan sektor dari pemerintah, swasta, dan stakeholder,” kata dia.

Ia menjelaskan Boyolali Tourism Fest menjadi salah satu agenda promosi wisata di Boyolali. Kegiatan tersebut juga untuk mempertemukan pelaku industri kreatif berbasis komunitas lewat bazar UMKM.

Datangkan Artis Nasional

Kepala DPRD Boyolali, Marsono, menjelaskan kegiatan Boyolali Tourism Fest mengundang artis nasional bertujuan sebagai hiburan akhir tahun masyarakat sekaligus menarik turis ke Boyolali.

“Kebun Raya Indrokilo menjadi destinasi yang sangat menarik di Kabupaten Boyolali. Kalau hari Minggu ke sini pengunjung bisa sampai 2.000 orang,” kata dia.

Sementara itu, salah satu CEO ekonomi kreatif dan startup jasa ojek daring Deliboy, Ahmad Iqbal, mengaku senang dengan diajaknya Deliboy bergabung di acara Boyolali Tourism Fest.

Ia menjelaskan ini adalah kali pertama diberi kesempatan promosi Deliboy di acara Pemkab Boyolali. Stan yang disediakan untuk para UMKM, tutur Iqbal, juga gratis tanpa biaya sewa.

“Kami satu-satunya start up di Boyolali yang ada di event ini. Semoga usaha kami terus berkembang. Kami berterima kasih karena diberikan kesempatan,” kata dia.

Salah satu pengunjung Boyolali Tourism Fest asal Klaten, Adynanda, 23, mengaku sengaja datang ke Kebun Raya Indrokilo Boyolali untuk menonton Happy Asmara. Ia tiba ke Boyolali sekitar pukul 16.00 WIB.

“Ke Indrokilo baru kali ini, ternyata dekat dengan Alun-alun Kidul Boyolali. Terus di sini juga kaget karena tidak menyangka ada UMKM banyak, sebelumnya dari rumah berpikir cari makan di mana, ternyata di sini tersedia,” kata dia.

Sebagai informasi, Boyolali Tourism Fest selain dimeriahkan oleh Happy Asmara, Souljah, dan UMKM lokal, terdapat pula berbagai komunitas motor, musisi lokal, komunitas sepeda BMX, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya