SOLOPOS.COM - Para petugas dari Distanbun Jateng bersama DKP3 Sragen melakukan inspeksi mendadak ke salah satu KPL di wilayah Kabupaten Sragen, Kamis (18/4/2024). (Istimewa/DKP3 Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Tim dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jawa Tengah (Jateng) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Sragen untuk mengecek distribusi pupuk bersubsidi, Kamis (18/4/2024) siang. Didampingi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Sragen, mereka mengecek dua kios pupuk lengkap (KPL) di Kecamatan Karangmalang dan Kecamatan Sragen.

Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) DKP3 Sragen, Sudadi, membenarkan adanya sidak tersebut. Dia ikut mendampingi Distanbun Jateng ke dua KPL di wilayah Mojorejo, Kecamatan Karangmalang, dan ke wilayah Sine, Kecamatan Sragen. Sidak itu untuk pengawasan distribusi pupuk bersubsidi di wilayah Kabupaten Sragen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dia mengatakan yang dicek di KPL itu terkait dengan tertib administrasi penyaluran dan serapan pupuk bersubsidi. Dia belum bisa menyampaikan jumlah serapan pupuk bersubsidi di Sragen karena masih menunggu rekap dari Distanbun Jateng.

“Hasil monitoring tadi ditemukan serapan penyaluran pupuk bersubsidi di Sragen masih rendah. Ini karena kekhawatiran KPL dan petani tentang kebenaran penambahan alokasi pupuk bersubsidi di 2024 dan mayoritas KPL masih mengandalkan kartu tani sebagai alat penebusan. Sementara penebusan dengan Ipubers dilakukan petani yang kartu taninya bermasalah,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Kamis sore.

Sudadi mengatakan penambahan alokasi pupuk bersubsidi di 2024 itu baru rencana sehingga kepastiannya masih menunggu keputusan Kementerian Pertanian (Kementan). Bagi petani yang kartu taninya bermasalah bisa menebus pupuk bersubsidi menggunakan I-Pubers dengan mengajukan migrasi terlebih dahulu.

“Migrasi itu diajukan lewat penyuluh pertanian, bukan KPL. Petani yang mengajukan migrasi ke Ipubers didata di tingkat kabupaten kemudian probinsi akan membantu percepatan proses migrasi itu. Diharapkan pada 2024, petani sudah dipermudah dengan fasilitas penebusan pupuk bersubsidi tetapi harus ada kepastian petani yang terdaftar di e-RDKK berhak mendapat subsidi pupuk,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sragen, Suratno, mengatakan persoalan kebijakan distribusi pupuk tergantung pada sejauh mana keberpihakan pemerintah kepada petani. Dia menilai mestinya tidak masalah jatah pupuh yang ada dihabiskan oleh petani karena pada musim tanam II jelas ada surat penambahan alokasi pupuk dari Kementan.

“Apa yang diragukan? Padahal surat dari menteri sudah jelas. Ternyata keraguan itu muncul di KPL. Menteri sudah seperti itu kok tidak dipercaya dan masih ragu. Ini masalah pembelaan petani. Kalau pupuk di Sragen dianggap masih banyak kan malah tidak jadi dialokasikan tambahannya,” kata Suratno.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Mendung Seharian Tanpa Hujan di Boyolali, Cek Prakiraan Cuaca Kamis 2 Mei

Mendung Seharian Tanpa Hujan di Boyolali, Cek Prakiraan Cuaca Kamis 2 Mei
author
Suharsih , 
Suharsih Kamis, 2 Mei 2024 - 05:15 WIB
share
SOLOPOS.COM - Cuaca mendung di lokasi jembatan kayu Waduk Cengklik, Boyolali, belum lama ini. (Solopos/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Wilayah Boyolali bakal dinaungi cuaca berawan hampir sepanjang hari ini, Kamis (2/5/2024), menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Tidak ada prediksi hujan dan suhu udara bakal panas.

Laman resmi BMKG menginformasikan suhu udara terendah hari ini 23 derajat Celsius pada pagi menjelang Subuh sedangkan suhu tertinggi 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Angin terpantau dari tenggara dan timur sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Prakiraan cuaca BMKG dilaporkan setiap hari melalui laman resminya dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Boyolali cerah berawan pada prakiraan cuaca dini hari itu dengan suhu udara 24 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% dan angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Berikutnya pada pukul 04.00 WIB, cuaca juga cerah berawan dengan suhu udara naik jadi 23 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertambah jadi 95%. Angin lanjut dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Pada pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca berubah jadi berawan. Suhu udara naik jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara juga turun jadi 80%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Menjelang siang pukul 10.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara naik jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 70%. Angin masih dari arah timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Prakiraan cuaca Boyolali juga berawan pada siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 33 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 60%. Angin kembali dari arah tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Bergeser ke sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara turun jadi 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 70%. Angin juga dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara turun ke angka 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin masih dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 90%. Angin terpantau dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Dominan Berawan dan Suhu Panas, Simak Prakiraan Cuaca Klaten Kamis 2 Mei

Dominan Berawan dan Suhu Panas, Simak Prakiraan Cuaca Klaten Kamis 2 Mei
author
Suharsih , 
Suharsih Kamis, 2 Mei 2024 - 05:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Cuaca mendung di Desa Wisata Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah dengan latar belakang Candi Plaosan, Sabtu (25/6/2022). Prakiraan cuaca Klaten hari ini bakal berawan pagi hari. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Prakiraan cuaca Klaten bakal dominan berawan dari pagi hingga menjelang malam hari ini, Kamis (2/5/2024). Selain itu, suhu udara bakal panas menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

Suhu relatif panas dengan posisi terendah 24 derajat Celsius pada pagi menjelang Subuh dan suhu tertinggi, , menurut laman resmi BMKG, mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Angin terpantau dari timur dan tenggara dengan kecepatan 10-20 km/jam. BMKG menyampaikan informasi prakiraan cuaca melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Klaten cerah berawan pada prakiraan cuaca dini hari itu dengan suhu udara 25 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% sementara angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Cuaca juga cerah berawan pada pukul 04.00 WIB. Suhu udara turun ke titik terendah yakni 24 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertahan di angka 90%. Angin masih dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Pada pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca berubah jadi berawan. Suhu udara naik ke angka 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 80%. Angin berubah dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Menjelang siang pukul 10.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara naik lagi jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 70%. Angin kembali dari tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Prakiraan cuaca Klaten masih berawan pada siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 33 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 65%. Angin masih dari tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca tetap berawan dengan suhu udara turun ke angka 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin dari arah tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Beralih ke malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca juga berawan. Suhu udara turun lagi jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 80%. Angin kembali dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pukul 22.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik ke angka 90%. Angin dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Wonogiri bakal Mendung Sepanjang Hari, Simak Prakiraan Cuaca Kamis 2 Mei

Wonogiri bakal Mendung Sepanjang Hari, Simak Prakiraan Cuaca Kamis 2 Mei
author
Suharsih , 
Suharsih Kamis, 2 Mei 2024 - 05:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri saat cuaca mendung, Jumat (30/9/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI Wonogiri bakal dinaungi cuaca berawan alias mendung sepanjang hari ini, Kamis (2/5/2024), menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Meski demikian tidak ada prediksi hujan.

Suhu udara bakal panas dan gerah dengan suhu terendah, menurut informasi di laman resmi BMKG yakni 24 derajat Celsius pada pagi menjelang Subuh, sedangkan suhu tertinggi mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Arah angin terpantau dari tenggara dan timur sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Prakiraan cuaca BMKG dilaporkan melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan setiap tiga jam diawali pada pukul 01.00 WIB.

Wonogiri cerah berawan pada prakiraan cuaca dini hari itu dengan suhu udara 25 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% dan angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Berlanjut ke pukul 04.00 WIB, cuaca juga cerah berawan dengan suhu udara turun ke titik terendah yakni 24 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertahan di angka 90%. Angin masih dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Pada pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca berubah berawan. Suhu udara naik ke angka 28 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun jadi 80%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Menjelang siang pukul 10.00 WIB, langit juga berawan dengan suhu udara naik ke angka 30 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 70%. Angin juga dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Prakiraan cuaca Wonogiri tetap berawan pada siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke angka tertinggi yakni 33 derajat Celsius sedangkan tingkat kelembapan udara turun jadi 60%. Angin kembali dari tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Sore hari pukul 16.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara turun jadi 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik kembali ke angka 70%. Angin dari tenggara dengan kecepatan 20 km/jam.

Bergeser ke malam hari pukul 19.00 WIB, langit masih mendung dengan suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, cuaca berawan dengan suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 90%. Angin terpantau dari arah timur dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories