SOLOPOS.COM - Sukarelawan Puser Bumi Klaten menyosialisasikan pasangan Ganjar-Mahfud ke buruh tani tembakau di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Klaten, Senin (5/2/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Puser Bumi yang merupakan sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md berkeliling area persawahan hingga tempat pengolahan tembakau di Klaten untuk menemui langsung dan mengajak para buruh serta petani tembakau agar tidak golput pada Pemilu 2024.

Mereka sekaligus menyosialisasikan dukungan untuk pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, di Pilpres 2024. Pantauan Solopos.com, Senin (5/2/2024), terlihat Ketua Sukarelawan Puser Bumi Klaten, Juwandi, ikut mendatangi salah satu tempat pengolahan daun tembakau di Desa Wonosari, Kecamatan Trucuk.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Di tempat itu, Juwandi mengajak para buruh agar tidak golput serta menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo. “Ini terus kami lakukan agar semakin banyak orang yang mengenal sosok dan sepak terjang Pak Ganjar,” kata Juwandi saat ditemui wartawan di sela sosialisasi.

Ketua Puser Bumi Klaten itu mengatakan Ganjar Pranowo yang merupakan eks Gubernur Jawa Tengah memiliki kontribusi besar terhadap pertanian terutama petani tembakau. Dia menyebut Ganjar merupakan Senopati Tembakau.

Juwandi menjelaskan Ganjar memiliki rekam jejak dengan komitmen kuat dalam memperjuangkan petani tembakau yang membuat Ganjar dijuluki Senopati Tembakau.

Dia mencontohkan pada masa kepemimpinan Ganjar di Jateng, pasar ekspor tembakau terutama tembakau asepan terbuka lebar. Bahkan, tembakau asepan asal Klaten bisa menembus pasar Eropa.

“Ini terbukti di 2023 dengan kenaikan harga tembakau itu sampai 100 persen. Pasar di Uni Eropa semakin besar. Tentu ini bisa mendongkrak ekonomi kerakyatan serta semakin menyumbang devisa yang besar untuk Indonesia,” kata Juwandi.

Salah satu buruh tembakau di Desa Wonosari, Semi, 52, mengapresiasi sukarelawan yang datang langsung menemui para buruh. Dia pun mendukung ajakan sukarelawan Puser Bumi untuk tidak golput dan memberikan hak pilih pada Pemilu 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya