SOLOPOS.COM - Bhabinkamtibmas Desa Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali, Brika Ariyanto Wibowo, saat memberi makan lelenya di kolam setempat, Senin (13/11/2023). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Seorang anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ngemplak (Polres Boyolali) yang bertugas di Desa Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali berhasil membudidayakan lele. Hal tersebut sebagai langkah dalam mendukung ketahanan pangan di tingkat desa.

Bhabinkamtibmas tersebut bernama Bripka Ariyanto Wibowo. Diketahui, ide budi daya ikan lele muncul sejak masa pandemi Covid-19. Saat itu, Bripka Ariyanto mengamati potensi di kolam milik Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) belum termanfaatkan dengan baik.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Bripka Ariyanto pun berkoordinasi dengan perangkat desa setempat dan BKM untuk mewujudkan ide tersebut. Ia menyampaikan upaya perwujudan ide juga diperkuat dengan perintah Kapolda Jawa Tengah untuk membentuk Kampung Siaga Candi. Tujuan dari kampung tersebut guna menghadapi tantangan ketahanan pangan.

Bripka Ari menceritakan langkah pertama dalam budi daya ikan lele, yaitu mengisi kolam dengan benih lele sebanyak 4.000 ekor. Dari hasil panen lele pertama, dibeli bibit lele, pakan, dan menambah kolam.

“Kolam lele yang awalnya hanya satu sekarang telah menjadi sembilan buah dan mampu menampung 36.000 ekor ikan,” ujar Bripka Ari lewat rilis resmi yang diterima Solopos.com, Senin (13/11/2023).

Walaupun pandemi Covid-19 telah berlalu, Bripka Ariyanto bersama warga masih aktif melakukan budi daya lele. Bripka Ari mengungkapkan terobosannya tidak hanya berdampak positif terhadap ketahanan pangan. Akan tetapi, kegiatan kolaboratif antara masyarakat dan kepolisian dapat memperkuat sinergi dalam menjawab tantangan sosial ekonomi.

Sementara itu, Kapolsek Ngemplak, Iptu Widarto, sangat mendukung terobosan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Gagaksipat tersebut. Ia menilai program dari Bripka Ari dapat mengangkat ketahanan pangan dan membantu masyarakat.

“Hal ini sangat bermanfaat dalam membantu komunikasi masyarakat dengan petugas Polri dalam membina situasi kamtibmas yang kondusif jelang Pemilu 2024. Polsek Ngemplak berencana menggelar kegiatan membagikan hasil panen lele ke masyarakat dalam waktu dekat,” terang Iptu Widarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya