SOLOPOS.COM - Ilustrasi penipuan online. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Foto dan nama sejumlah anggota DPRD Klaten disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan aksi penipuan. Modus penipuan itu antara lain menawarkan lelang emas dan barang elektronik.

Bahkan, foto dan nama Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, pun tak luput dari sasaran pencatutan. “Iya. Saya sudah share di status WA [Whatsapp] dan sosmed [media sosial] saya bahwa nomor baru tersebut bukan nomor saya,” kata Hamenang saat dihubungi Solopos.com, Kamis (23/11/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Hamenang tak mengetahui modus yang dilakukan oknum tersebut. Hingga kini, ada sekitar 10 orang yang meminta konfirmasi langsung ke Hamenang setelah mendapatkan pesan WA dari nomor dengan foto profil dan namanya.

Ketua DPRD Klaten itu dibuat heran dengan penipu yang mencatut nama dan fotonya karena bisa mengetahui nomor WA keluarganya. “Ada yang keluarga istri, ada teman. Yang membuat heran kok bisa punya nomor WA kolega saya,” ungkap Hamenang.

Atas kejadian itu, Hamenang mengimbau warga untuk berhati-hati dan waspada ketika ada nomor baru yang menghubungi dan menggunakan foto profil dan nama akun yang dikenal. “Jangan langsung dijawab. Sebaiknya konfirmasi dulu ke nomor yang lama. Apalagi kalau belum-belum sudah minta pulsa, transfer dan lain-lain. Kemungkinan besar itu tipu-tipu,” kata Hamenang.

Selain itu, Hamenang juga meminta jika ada yang meminta klik link, jangan langsung diklik. “Takutnya itu tautan yang dapat meretas data-data penting di ponsel,” imbuhnya.

Pencatutan foto dan nama oleh orang diduga penipu juga dialami anggota DPRD Klaten, M Nurcholis Madjid. Foto dan nama anggota DPRD dari fraksi PAN itu disalahgunakan.

“Hari ini yang konfirmasi langsung ke nomor saya baru 15-an orang. Modusnya itu menawarkan lelang emas murni dan barang-barang elektronik. Mudah-mudahan tidak ada yang tertipu karena semua konfirmasi langsung ke saya,” kata Nurcholis.

Nurcholis mengatakan teman-temannya menerima pesan WA dari nomor baru dan menggunakan foto serta namanya. “Ada yang teman di Blora, Jakarta Brebes, Klaten, dan Bandung menerima pesan WA dari nomor tersebut,” kata Nucholis.

Atas kejadian itu, Nurcholis juga mengimbau warga untuk berhati-hati ketika menerima pesan dari nomor baru yang menggunakan foto profil dan nama orang yang dikenal.

“Pokoknya hati-hati. Lebih baik ketika dapat WA atau telepon dengan memakai profil foto temannya, lebih baik konfirmasi ke [nomor lama] yang bersangkutan,” kata Nurcholis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya