SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa (ketiga dari kanan) bersama panitia seleksi Sekretaris Daerah (Sekda) Solo yang baru dibentuk di ruang Wakil Wali Kota Solo kompleks Balai Kota Solo, Rabu (2/8/2023). (Istimewa/Dwi Ariyatno)

Solopos.com, SOLO– Tiga orang telah mendaftar seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Jumat (11/8/2023). Biasanya banyak pelamar yang mendaftar menjelang berakhirnya periode pendaftaran.

Pantauan Solopos.com melalui laman https://selter.surakarta.go.id, terdapat tiga orang pelamar. Baru satu orang pegawai negeri sipil (PNS) lingkungan Pemkot Solo yang mendaftar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mereka adalah Kepala Sub Direktorat Pengembangan dan Integrasi Sistem Aplikasi, Subroto; Giofanny Arista yang tidak mencantumkan jabatan terkini; dan Asisten Administrasi Umum Setda Solo Kentis Ratnawati.

Ketua Panitia Seleksi Sekda Solo Budi Yulistianto menjelaskan panitia memberikan waktu selama 15 hari sampai 22 Agustus 2023 pukul 23.59 WIB bagi PNS untuk mendaftar melalui  laman https://selter.surakarta.go.id.

“Pendaftaran melalui online, para pendaftar bisa mengisi dan mengunggah. Ada admin yang akan membantu apabila ada yang belum bisa melengkapi,” kata dia, Jumat siang.

Menurut dia, para peserta biasanya mendaftar menjelang berakhirnya periode pendaftaran seleksi Sekda Solo. Jumlah pendaftar di akhir lebih banyak daripada yang mendaftar di awal periode pendaftaran.

“Kami tidak tahu alasan mereka, saya kira tidak perlu menyiapkan lagi, mereka tinggal upload saja untuk mendaftar. Mereka biasanya sudah punya materinya semua,” ujarnya.

Budi mengatakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo sudah menyampaikan pengumuman seleksi Sekda Solo kepada pemerintah daerah di Jateng.

“Hari pertama pendaftaran kami sudah publikasi radio. Kami mendapatkan masukan dan pertanyaan masyarakat. Mereka menghendaki yang terpilih itu kapabel, intinya itu saja,” ungkap dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pengin Sekda Solo pengganti Ahyani memiliki semangat kolaborasi. Pemkot Solo sudah berkolaborasi dengan perusahaan swasta untuk pembangunan.

“Sekarang semuanya kami yang di Solo sudah berkolaborasi dengan swasta. Itu yang mau kami dorong di Sekda berikutnya. Sekarang sudah cukup baik perlu ditingkatkan lagi,” kata Gibran ditemui di Balai Kota Solo, Senin (7/8/2023) siang.

Menurut dia, Sekda Solo yang baru harus sama atau bahkan lebih baik dari Ahyani maupun Mantan Sekda Solo Budi Yulistianto. Sekda Solo harus lincah seperti CEO perusahaan swasta.

Dia mengatakan regulasi terbaru memungkinkan PNS eselon III bisa ikut berkompetisi. “Yang muda boleh ikut, yang tua boleh, yang penting semangat kerjanya ya,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya