SOLOPOS.COM - Warga Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Klaten, menangkap dan merobohkan sapi kurban salah satu masjid setempat yang kabur ke tengah area sawah saat akan disembelih, Senin (17/6/2024). (Istimewa/tangkapan layar video Eko Santoso)

Solopos.com, KLATEN – Seekor sapi kurban di salah satu masjid di Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Klaten, mengamuk hingga kabur ke tengah area persawahan, Senin (17/6/2024). Sapi berhasil ditangkap dan disembelih di tengah sawah.

Sapi itu kabur saat hendak dibawa dari kandang ke tempat penyembelihan di dekat Masjid Al Hikmah, Dukuh Glagah, Desa Tulas. Bersamaan dengan itu, ada orang membawa kayu dan jatuh. Suara kayu yang berjatuhan membuat sapi takut dan memberontak hingga terlepas.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Lokasi masjid berada di pinggir kampung dan berdekatan dengan area persawahan. Sapi kabur melewati pematang sawah hingga berada di area persawahan berjarak sekitar 400 meter.

Sekitar pukul 09.08 WIB, warga meminta bantuan ke Sukarelawan Desa Tulas. Empat sukarelawan mendatangi lokasi. Mereka harus menunggu sekitar 30 menit hingga sapi berbobot sekitar 700 kg itu tenang. Setelah tenang, para sukarelawan itu mencoba mendekati sapi.

“Tetapi ketika kami dekati sampai jarak 10 meter, sapi kembali mengejar kemudian saya akhirnya masuk ke sawah yang ada tanaman padinya,” jelas Sukarelawan Desa Tulas, Eko Santoso, Senin.

Sukarelawan kemudian membuat jebakan dari tali yang diletakkan di tanah. Sapi berhasil dipancing hingga kaki masuk ke jebakan lalu ditarik hingga sapi roboh. Namun, sapi kembali memberontak dan lepas dari ikatan.

Sapi mengejar sukarelawan hingga mendekati pohon. Di pohon itulah sapi berhasil dijerat kembali dan roboh. Sukarelawan menjerat lagi bagian kaki sapi itu menggunakan tali lainnya termasuk diikat bagian tubuh lainnya agar tak terlepas.

Warga kemudian berdatangan membantu menahan tali. Karena jarak cukup jauh dengan masjid, sapi akhirnya disembelih di tengah area persawahan.

“Kami sarankan disembelih di tempat itu karena jarak ke masjid masih cukup jauh sekitar 400 meter. Akhirnya di tengah area sawah itu dipasangi peneduh dari terpal dan sapi disembelih di tempat itu. Dagingnya kemudian dibawa ke masjid,” jelas Eko.

Tak ada korban jiwa maupun terluka akibat peristiwa itu. Sapi kurban juga berhasil disembelih dengan daging kemudian dibawa ke masjid. Penangkapan sapi itu berlangsung sekitar dua jam dari sekitar pukul 09.08 WIB hingga 11.00 WIB.

Sementara, proses menyembelih hingga seluruh bagian tubuh sapi kurban dibawa ke masjid selesai pukul 13.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya