SOLOPOS.COM - Besek disiapkan untuk wadah daging kurban yang dibagikan takmir Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Senin (17/6/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Takmir Masjid Agung Al Aqsha Klaten membagikan ratusan bungkus daging kurban untuk warga di sekitar masjid yang berlokasi di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Senin (17/6/2024). Wadah untuk membagikan daging menggunakan daun jati dan besek yang ramah lingkungan.

Empat ekor sapi serta enam ekor kambing disembelih takmir Masjid Agung Al Aqsha Klaten pada Iduladha tahun ini. Dua sapi berasal dari Pemkab Klaten, satu sapi dari Kapolres Klaten, serta satu sapi dari takmir. Sementara kambing berasal dari jamaah masjid.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Rencana kami bagikan di sini hampir 700 paket. Tahun kemarin kami ada binaan dari luar, untuk sementara kami maksimalkan lingkungan di sini dulu,” kata Ketua Takmir Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Ardhani, saat ditemui Solopos.com di sela penyembelihan hewan kurban, Senin (17/6/2024).

Ardhani menjelaskan pembagian daging kurban di Masjid Al Aqsha Klaten tahun ini menggunakan wadah besek serta daun jati. Penggunaan wadah ramah lingkungan itu dilakukan sesuai anjuran dari instansi terkait.

Selain menggunakan wadah besek, jerohan hewan kurban tak dicuci di sungai melainkan dibersihkan di dalam lubang tanah. “Rencana kami cuci dengan limbahnya nanti ditanam di dalam tanah. Kemarin ada takmir yang minta agar pencucian dilakukan di lahannya karena bisa untuk pupuk,” jelas Ardhani.

Sementara itu, proses penyembelihan sapi kurban di masjid itu dilakukan menggunakan alat perebah bikinan sendiri. Dia menjelaskan penggunaan alat itu membuat proses penyembelihan lebih praktis dan mengurangi risiko.

“Alat peroboh memang untuk memudahkan. Untuk mengurangi risiko bahaya juga. Ini dibuat sendiri dengan biaya sekitar Rp9 juta. Secara teknis paling lama itu penyembelihan menggunakan alat ini antara 15 menit hingga 20 menit,” kata Ardhani.

Sementara itu, sebanyak 25 tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten disebar untuk melakukan pengawasan sejak beberapa waktu lalu. Pengawasan itu dibantu dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Klaten.

“Pemeriksaan antemortem [sebelum penyembelihan] sebelumnya sudah dilakukan dan dinyatakan kondisi hewan kurban di Klaten sehat. Kemudian ini dilakukan pemeriksaan postmortem [pada jerohan dan karkas hewan setelah disembelih],” kata Kabid Kesehatan Hewan dan Peternakan DKPP Klaten, Triyanto.

Jika ditemukan cacing pada hati hewan kurban, Triyanto menyarankan untuk dipisahkan dan tidak dibagikan. Dia memastikan daging kurban tetap aman dikonsumsi meski ditemukan cacing pada bagian hatinya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Pelaku Usaha Binaan Pertamina Dilatih Mengelola Kecerdasan Emosi dan Spiritual

Pelaku Usaha Binaan Pertamina Dilatih Mengelola Kecerdasan Emosi dan Spiritual
author
Rohmah Ermawati Rabu, 26 Juni 2024 - 16:48 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pelaku usaha mengikuti pelatihan yang digelar Pertamin di Solo, Senin-Selasa (24-25/6/2024). (Istimewa/Pertamina)

Solopos.com, SOLO–Pertamina menggelar pelatihan bagi mitra binaan pelaku usaha mikro dan kecil di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam pelatihan tersebut, sebanyak 30 pelaku usaha berfokus pada pembinaan karakter berbasis emotional & spiritual quotient (ESQ).

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, menguraikan pelatihan ini dilaksanakan di Solo selama dua hari, Senin-Selasa (24-25/6/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Menurut Brasto, pelatihan ini bertujuan membentuk karakter mitra binaan menjadi pelaku usaha yang tangguh, kuat, dan mandiri.

”Banyak yang belum tahu, bahwa kecerdasan tidak hanya terdiri dari kecerdasan intelektual atau intelegent quotient [IQ] saja, tetapi ada kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual, yaitu dikenal dengan emotional spiritual quotient atau ESQ,” ungkap Brasto, dalam siaran pers, Rabu (26/6/2024).

Koran Solopos

Brasto menerangkan berdasarkan riset, kesuksesan seseorang dalam hidup 80% dipengaruhi kecerdasan ESQ, sementara IQ hanya 20%.

Dia mengatakan menjadi seorang pengusaha tidak mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi setiap harinya agar bisnisnya mampu bertahan dan berkembang. Untuk itu, dibutuhkan kecerdasan emosional dan spiritual yang baik.

Salah satu peserta mitra binaan Pertamina, Eni, yang merupakan pemilik usaha Azil Gas berterima kasih atas pelatihan yang ia terima.

Emagazine Solopos

”Pelatihan ini telah membuka mata hati kami, bahwa untuk menjadi sukses dalam hidup tidak hanya fokus pada kesuksesan usaha semata, tapi juga dengan memenuhi tanggung jawab pribadi, terlebih sebagai seorang pengusaha,” tutur Eni.

Senada, Wukir Santoso selaku pemilik usaha di bidang perdagangan belut juga mengapresiasi pelatihan ini. Menurutnya. ada perubahan yang dialami ke arah yang lebih baik dari pelatihan yang diberikan.

”Kami merasakan perubahan yang sangat luar biasa dari pelatihan karakter berbasis ESQ ini. Mudah-mudah dalam kita menjalankan bisnis di bidang masing-masing mampu  membersihkan lingkaran hitam yang membelenggu di dalam hati kita, agar menjadi pribadi dan pengusaha yang sukses seutuhnya,” kata Wukir.

Interaktif Solopos

Pertamina menggandeng salah satu lembaga training profesional, ACT Accelerated Transformation sebagai fasilitator pelatihan. Eka Chandra, professional trainer yang menjadi fasilitator utama dalam pelatihan mitra binaan Pertamina mengatakan keterampilan mengelola kecerdasan emosi dan spiritual dapat mendukung kesuksesan dan kebahagiaan.

“Langkah ini menjadi bukti bahwa Pertamina peduli kepada pelaku usaha mikro dan kecil dengan memperhatikan pembangunan karakter para mitra binaannya yang sangat penting untuk dimiliki dalam menjalankan usahanya,” pungkas Eka.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

UKT dan IPI UNS 2024 Ditetapkan, BEM: Sudah Sesuai Hasil Audiensi

UKT dan IPI UNS 2024 Ditetapkan, BEM: Sudah Sesuai Hasil Audiensi
author
Ahmad Mufid Aryono Rabu, 26 Juni 2024 - 16:46 WIB
share
SOLOPOS.COM - Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sebelas Maret atau BEM UNS Solo, Agung Lucky Pradita ketika ditemui wartawan di UNS Solo, Rabu (7/2/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Badan Eksekutif Mahasiswa (UNS) Solo tidak keberatan dengan skema Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) 2024. BEM menyebut besaran UKT dan IPI sudah sesuai hasil audiensi.

Presiden BEM UNS Solo, Agung Lucky Pradita mengatakan pihaknya sebelumnya sempat melakukan audiensi. Hasilnya adalah kesepakatan agar tidak ada kenaikan ataupun penambahan kelompok dari UKT dan IPI UNS 2024.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Sehingga di tahun ini keputusannya tetap seperti 2023, mengenai nominal dari UKT dan IPI itu sendiri,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Rabu (26/6/2024).

Meski begitu, dia mengatakan ke depan pihaknya akan terus mengawal agar tahun depan UKT dan IPI tidak naik. Dia berharap agar kedepannya tidak ada lagi mahasiswa yang berhenti berkuliah karena tidak mampu membayar UKT dan IPI.

Koran Solopos

“Akan tetapi, isu kenaikan UKT dan IPI masih perlu dikawal kedepannya hal ini karena statement dari Presiden Jokowi yang menyatakan UKT dan IPI akan dinaikkan tahun depan. Sehingga, mahasiswa masih perlu kritis atas kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah,” kata dia.

Sebelumnya, Plt. Rektor UNS Solo, Chatarina Muliana mengatakan UKT dan IPI 2024 mengikuti skema tahun lalu. Hal ini menyusul dibatalkannya kenaikan UKT dan IPI setelah gelombang protes terjadi beberapa waktu lalu.

“UKT-nya, sebagaimana disampaikan di dalam pengumuman penerimaan mahasiswa baru seleksi mandiri itu mengacu kepada UKT tahun 2023, jadi sama persis nilainya,” kata dia ketika ditemui wartawan di UNS, Selasa (25/6/2024).

Emagazine Solopos

Meski begitu terdapat beberapa penyesuaian terutama terkait IPI. Salah satunya adalah penghapusan Kelompok IV yang sebelumnya sempat ada. Namun khusus Program Studi (Prodi) Kedokteran IP ditetapkan empat kali Biaya Kuliah Tunggal (BKT).

Perlu diketahui, penetapan UKT dan IPI didasarkan pada penghitungan BKT, yang merupakan keseluruhan biaya operasional per mahasiswa per semester pada masing-masing prodi.

“Khusus yang Prodi [di] Fakultas Kedokteran saja yang disetujui empat kali BKT setahun, jadi [IPI Prodi Kedokteran sebesar] RP250 juta dari [tahun sebelumnya] Rp100 juta, tapi tetap IPInya hanya kelompok satu dan tiga,” 

Interaktif Solopos

Selain itu, dia mengatakan IPI tahun ini tidak ada lagi batas atas seperti tahun kemarin. Jika merujuk tahun kemarin, pada IPI yang ditetapkan pada 2023—sebelumnya beranam Sumbangan Pengemembagna Institusi (SPI), terdapat ketentuan lebih dari. 

Misal dalam fakultas kedokteran IPI Kelompok IV tertulis “>Rp100.000.000”. Maka dimungkinakan bagi mahasiswa baru untuk membayar lebih dari itu. Hal itu membuat tidak ada batasan besaran IPI bagi mahasiswa yang tergolong dalam Kelompok IV.

Namun Chatarina mengatakan ketentuan itu tidak lagi berlaku untuk tahun ini. “Jadi yang lebih dari sudah tidak ada, jadi semua sampai kelompok III dan ada batas limitnya, itu maksimal di kelompok tiga, kalau dulu kana ada lebih dari, sekarang sudah tidak ada lagi,” kata dia.



Dia mengatakan untuk IPI hanya diberlakukan untuk mahasiswa yang diterima melalui jalur Mandiri. Sedangkan ketentuan UKT terbaru berlaku untuk semua mahasiswa baru. “Tapi untuk mahasiswa baru penerima KIP UKT-nya nol, dan tidak ada IPI juga,” kata dia.

Skema baru IPI dan UKT itu tertuang dalam Keputusan Rektor UNS No 695/UN27/HK/2024 Tentang Penetapan Besaran UKT dan IPI Program Sarjana UNS Tahun 2024. Dalam keputusan itu terdapat delapan kelompok UKT dan tiga kelompok IPI.

Besaran UKT tertinggi adalah Prodi Kedokteran pada Kelompok VIII sebesar Rp21.8 juta. Disusul Prodi Kebidanan pada kelompok yang sama mencapai Rp16.8 juta. 

Sedangkan IPI tertinggi masih Prodi Kedokteran yakni 269.9 juta pada Kelompok III, lalu disusul Prodi Kebidanan pada kelompok yang sama dengan besaran Rp75 juta.

Sebelumnya, UNS Solo sempat memutuskan untuk membatalkan IPI dan UKT 2024. Pembatalan itu didasarkan atas aspirasi  aspirasi masyarakat dan tindak lanjut kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang tertuang dalam surat No 0511/E/PR.07.04/202.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Viral Web Pemkot Semarang Kena Serangan Siber, Diskominfo: Tak Ada Data Bocor

Viral Web Pemkot Semarang Kena Serangan Siber, Diskominfo: Tak Ada Data Bocor
author
Mariyana Ricky P.D Rabu, 26 Juni 2024 - 16:44 WIB
share
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar informasi serangan siber menyasar situs resmi Pemkot Semarang. (Istimewa/X)

Solopos.com, SEMARANG – Sebuah postingan viral di media sosial (medsos) X atau sebelumnya Twitter, menarasikan kebocoran database Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Dalam postingan tersebut juga mencantumkan web resmi atau laman resmi Semarangkota.go.id.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Salah satu akun yang membagikan tweet tersebut adalah akun @FalconFeedsio.

“Pelanggaran lain terjadi di Indonesia : Kebocoran Database Pemerintah Kota Semarang. Dibocorkan oleh AngelGF di BreachForums,” tulis akun @FalconFeedsio yang sudah diterjemahkan dari bahasa Inggris ke Indonesia.

Koran Solopos

Tweet tersebut pun memantik berbagak reaksi dari netizen atau warganet. Di antaranya ada yang kinerja Pemkab Semarang dalam menjaga data hingga mengaitkan kebocoran data ini dengan judi online.

“Ambil aja bang, negara open source kok,” tulis komentar @wasitlosst.

“Makin marak. Seperti yang terjadi di Kominfo, apakah celahnya dari judol?,” tulis komentar @eldidito.

Emagazine Solopos

Dikonfirmasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), tak menemukan adanya kebocoran data seperti yang dinarasikan oleh akun @FalconFeedsio di media sosial (medsos) X atau sebelumnya Twitter.



Kendati tak menemukan, pihaknya sampai saat ini masih terus mencari tahu kebenaran dari postingan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Diskominfo Kota Semarang, Soenarto. Ia mengatakan, timnya telah dikerahkan untuk mencari tahu kebenaran postingan tersebut.

“Tadi sudah di cek teman-teman, tapi enggak ada kalau itu [kebocoran data]. Kalau iklan judi onlie memang ada, itu selalu kami hilangkan, muncul lagi, dan hilangkan lagi,” kata Soenarto kepada Solopos.com, Rabu (26/6/2024).

Meski tak menemukan adanya kebocoran data, Soenarto tak menyebut postingan @FalconFeedsio sebagai kabar hoaks. Pihaknta tetap akan menampung informasi tersebut untuk antisipasi dini.

“Kami tetap tampung sebayai informasi, meskipun memang tidak ditemukan itu [kebocoran data],” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories