SOLOPOS.COM - Sukarelawan mengevakuasi seekor ular kobra dari dalam rumah warga Desa Sumber, Kecamatan Trucuk, Klaten, Selasa (5/12/2023) malam. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN – Seekor ular kobra dievakuasi dari rumah warga Desa Sumber, Kecamatan Trucuk, Klaten, Selasa (5/12/2023) malam. Ular diketahui berada di bawah kasur dan bikin kaget pemilik rumah yang hendak tidur.

Ular kobra yang ditemukan itu panjangnya 70 sentimeter (cm). Evakuasi ular dilakukan sukarelawan reaksi cepat tanggap darurat (RCTD) Klaten Timur.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Salah satu sukarelawan RCTD Klaten Timur, Eko Santoso, mengatakan ular diketahui penghuni rumah bernama Lestari ketika hendak tidur sekitar pukul 22.30 WIB. “Saat mau tidur melihat ada ular tersebut di bawah kasur,” kata Eko kepada Solopos.com, Rabu (6/12/2023).

Penghuni rumah di Trucuk, Klaten, itu sempat berusaha mencari sendiri ular tersebut karena awalnya tak tahu itu jenis ular kobra. Setelah tahu jenis ular yang ada di dalam kamar itu ular kobra, seluruh penghuni bergegas keluar rumah dan menghubungi sukarelawan.

Setelah mendatangi lokasi, sukarelawan melakukan penyisiran. Ular ditemukan di pojok kamar tepatnya di bawah kasur. Ular cukup agresif dan sempat melawan saat akan ditangkap.

Ular berhasil dievakuasi sukarelawan dan dikeluarkan dari kamar. “Untuk sementara ular dikarantina di rumah saya. Siang ini rencananya mau kami serahkan ke tim Exalos,” kata Eko.

Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, mengatakan seiring memasuki musim hujan, belum ada tren lonjakan laporan evakuasi hewan terutama ular yang masuk ke rumah warga. Hanya, selama lima hari terakhir hampir saban hari ada laporan evakuasi ular.

Sumino mengatakan saat mulai musim hujan, biasanya menjadi tren telur ular menetas. Setelah menetas, ular mencari tempat yang nyaman termasuk ketika menetas dekat permukiman ada kemungkinan ular masuk ke rumah.

“Untuk antisipasi, tetap menjaga kebersihan rumah. Ular cenderung masuk ke rumah untuk mencari makan seperti mengejar binatang lainnya. Kecenderungannya juga, ular takut dengan manusia selama tidak diganggu,” kata Sumino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya