SOLOPOS.COM - Sejumlah ASN TNI & Polri melakukan gladi bersih upacara gabungan di lapangan Mako Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (28/11/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) 2023, TNI & Polri akan menggelar upacara bersama di Mako Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Sukoharjo, Rabu (29/11/2023). Acara ini akan diikuti ratusan aparatur sipil negara (ASN) di kesatuan TNI & Polri se-Soloraya.

Selain untuk mempererat sinergi, upacara tersebut sekaligus untuk mengingatkan ASN TNI-Polri agar menjaga netralitas selama masa Pemilu 2024 ini.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Selain memperingati HUT ke-52 Korpri TNI-Polri kegiatan ini sekaligus untuk menjalin sinergi dalam pengamanan Pemilu 2024,” ungkap ASN Polresta Solo, Sumarjo, saat ditemui dalam gladi bersih di Mako Grup 2 Kopassus, Selasa (28/11/2023).

Sumarjo memastikan sejauh ini tak ada ASN TNI & Polri di Soloraya yang melanggar netralitas. Hal itu lantaran pelaku pelanggaran netralitas ASN akan mendapatkan sanksi tegas jika terbukti melanggar. Sanksi tersebut telah diatur dalam dalam UU Pemilu No.7/2017 yang memiliki 16 aturan bagi kepala desa, aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri. Sanksi terhadap pelanggaran itu juga telah diatur dalam peraturan masing-masing kesatuan TNI & Polri.

“Walaupun sebagai ASN kami memiliki hak memilih, kami tidak boleh berpolitik praktis bahkan mendukung siapa pun termasuk jika ada keluarga yang menjadi peserta pemilu,” beber Sumarjo.

Ia menyebut jumlah ASN TNI-Polri di Soloraya mencapai ribuan. Namun yang datang dalam upacara nanti sekitar 300 anggota Korpri TNI & Polri. Di antaranya ASN di Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Polres se-Soloraya, Lanud TNI AU, serta Depohar 50 beserta sejumlah undangan lainnya.

Dalam kegiatan gladi bersih tersebut sejumlah ASN tampak mengenakan pakaian senada berwarna coklat muda. Mereka antusias memperagakan baris-berbaris dalam upacara mendatang. Dalam upacara tersebut penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun sebagai tanda kehormatan yang dianugerahkan kepada ASN di Grup 2 Kopassus.

Satyalancana Karya Satya diberikan kepada ASN yang cukup lama mengabdi pada negara, cakap, dan rajin dalam melaksanakan tugasnya sehingga dapat dijadikan teladan bagi pegawai lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya