SOLOPOS.COM - Caleg DPR Dapil V Jateng dari PSI Cynthia Riza, dalam webinar Berharap pada Wajah Baru Caleg 2024 yang digelar oleh Solopos Media Group (SMG) secara daring, Rabu (27/9/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Caleg DPR Dapil V Jateng dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Cynthia Riza, mengatakan, ada tiga tokoh inspirasi yang membuatnya terjun ke politik dan maju melalui Dapil V. 

Cynthia menjelaskan dalam webinar Berharap pada Wajah Baru Caleg 2024 yang digelar oleh Solopos Media Group (SMG) secara daring, Rabu (27/9/2023), tiga tokoh tersebut adalah sang suami Giring Ganesha yang merupakan mantan Ketua Umum PSI, Presiden Joko Widodo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. 

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Ada tiga orang yang menjadi insprasi saya untuk masuk ke politik, yaitu suami saya Giring Ganesha, karena melihat Giring keliling Indonesia, saya tergugah ketika ia mendengarkan keresahan masyarakat terutama ibu-ibu. Kedua Presiden Jokowi yang hebat sekali, memimpin Indonesia dan menyejahterakan masyarakat indonesia. Ketiga mas wali Gibran Rakabuming Raka, karena Solo bisa menjadi sehebat sekarang ini,” ulasnya.

Cynthia juga menyadari tidak mudah untuk terjun ke kontestasi politik terutama melalui Dapil V yang terdiri dari Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo dan Kota Solo. Meski begitu, ia tetap bertekad untuk bisa bersaing memperebutkan kursi di DPR.

“Memang saya baru di dunia politik, saya sadar ada kontestasi yang ketat, tetapi saya belajar dan memang harus bekerja keras sekaligus memperjuangkan semua lewat PSI. Saya pribadi memilih Dapil V karena melihat Jokowi dan Gibran, selain itu saya melihat kreatifitas anak solo yang luar biasa, selain itu mereka juga ramah sekali. Ada juga dari PSI Solo Antonius Yoga, yang kerjanya luar biasa, alasan lainnya karena Eyang kakung saya itu berasal dari Boyolali,” ucapnya.

Disinggung mengenai program, Cynthia memiliki program untuk membantu PSI mewujudkan BPJS Gratis dan mengesahkan RUU perampasan aset. Ia juga memiliki program untuk melindungi kaum perempuan termasuk para ibu dan anak dari kekerasa dalam rumah tangga (KDRT).

“PSI punya program BPJS gratis, kedua adalah isu soal RUU Perampasan Aset. Saya juga punya program untuk perlindungan ibu dan anak. Saya adalah penyitas KDRT, saya ingin memperjuangkan itu, saya enggak mau ada korban lain, jadi perlu diperjuangkan di sebuah sistem,” kata dia.

Cynthia juga memiliki cita-cita untuk membangun safe house untuk melindungi korban KDRT jika nantinya terpilih. Ia mengatakan, korban KDRT selalu terpojok dan tidak punya tempat yang dituju untuk menyelamatkan diri.

“Kami punya cita-cita mengenai perlindungan anak dan istri, untuk itu saya punya program membuat safe house untuk melindungi para korban KDRT. Jadi mereka bisa mendapatkan rasa aman pasca kekerasan terjadi. Karena korban itu selalu bingung dan terpojok, karena tidak bisa ke mana-mana,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Dapil V memiliki kualitas yang bersaing. Cynthia berjanji untuk mempromosikan UMKM melalui laman instagram pribadinya.

“Saya ingin mempromosikan brand UMKM. Brand lokal itu sudah sangat bagus, bahkan brand luar negeri itu sudah mulai takut. Karena produk UMKM itu sangat oke dengan harga yang bersaing. Bahkan menurut saya produk lokal itu bagus banget dan sangat bisa dipromosikan,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya