SOLOPOS.COM - Ilustrasi anggota DPRD Wonogiri mengikuti rapat di ruang paripurna Gedung DPRD Wonogiri. (Dok Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 50 calon anggota legislatif atau caleg dari tujuh partai politik (parpol) berpeluang mendapatkan kursi di DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024.

Nama caleg dan parpol yang mendapat kursi bisa diprediksi berdasarkan penghitungan suara sementara yang diunggah melalui Sirekap di laman pemilu2024.kpu.go.id.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berdasarkan pantauan Solopos.com, data hasil penghitungan suara caleg dan parpol DPRD Wonogiri yang diunggah di lama pemilu2024.kpu.go.id hingga update terakhir, Sabtu (24/2/2024) pukul 22.30 WIB, secara keseluruhan sudah mencapai 74,27% dari total 3.910 TPS.

Tetapi progres data suara yang masuk di setiap dapil di Wonogiri berbeda-beda. Kendati demikian, melalui data tersebut sudah bisa dihitung perolehan sementara jumlah kursi parpol maupun caleg di DPRD Wonogiri.

Penghitungan Solopos.com menggunakan metode Sainte Lague, ada tujuh parpol di Wonogiri yang berpotensi kuat mendapatkan kursi di DPRD Wonogiri. Tujuh parpol itu meliputi PDIP, Partai Golkar, PKS, Partai Gerindra, PKN, PAN, dan Partai Demokrat.

Pada Pemilu 2019, semua parpol tersebut lolos di lembaga legislatif Wonogiri, kecuali Partai Demokrat. Artinya akan ada peluang penambahan jumlah parpol yang mendapatkan jatah kursi di DPRD Wonogiri.

Berikut data sementara perolehan kursi parpol dan nama caleg yang berpeluang duduk di kursi DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024:

Dapil I

PDIP: 7 kursi

  1. Bambang Sadriyanto
  2. Ari Sumantoro
  3. Azalea Puteri Utami
  4. Urin Tri Hartono
  5. Zhakaria Anan
  6. Margono
  7. Yukanan Supriyanto

Golkar: 1 kursi (Reni Toriliana)
PKS: 1 kursi (Wawan Arifianto)
Partai Gerindra: 1 kursi (Arum Subekti)
PAN: 1 kursi (Dwi Prasetyo)

Dapil II

PDIP: 6 kursi

  1. Sri Rejeki
  2. Any Wahyu
  3. Sutoyo
  4. Kisyanti
  5. Ruderikus Wiwoho
  6. Sarwo

PAN: 1 kursi (Yekti Dewi)
Partai Gerindra: 1 kursi (Imron Zakaria)
Partai Golkar: 1 kursi (Sugeng Ahmadi)
PKS: 1 kursi (Nyamik)

Dapil III

PDIP: 6 kursi

  1. Catur Winarko
  2. Astarno
  3. Mariji
  4. Suyoto
  5. Sriyono
  6. Indah Retnowati

Partai Golkar: 1 kursi (Gunariyanto)
Partai Gerindra: 1 kursi (Suryo Suminto)
PKS: 1 kursi (Wahono)
PKB: 1 kursi (Sunarno)

Dapil IV

PDIP: 5 kursi

  1. Supriyanto
  2. Titik Sugiyarti
  3. Gimanto
  4. Dani Mursito
  5. Yadi

PKS: 1 kursi (Krisyanto)
Partai Demokrat: 1 kursi (Susanto)
Partai Golkar: 1 kursi (Heru Sukoco)
Partai Gerindra: 1 kursi (Jati Waluyo)
PKB: 1 kursi (Ahmad Nasir)

Dapil V

PDIP: 4 kursi

  1. Lutfi Angga
  2. Novri Roesmono
  3. Irwan Hari Purnomo
  4. Romandhani Andang Nugroho

Partai Golkar: 1 kursi (Intan Kusuma Susanti)
PKB: 1 kursi (Abdulah)
PKS: 1 kursi (Joko Warsito)
Partai Demokrat: 1 kursi (Sugiharno)
Partai Gerindra: 1 kursi (Siti Hardiyani)

Masih Bisa Berubah

Sebagai informasi, penghitungan suara Pemilu 2024 masih terus berjalan. Artinya masih ada kemungkinan peroleha jumlah kursi maupun nama caleg yang memperoleh kursi bakal berubah hingga progres penghitungan mencapai 100%.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Satya Graha, mengatakan tahapan rekapitulasi suara manual Pemilu 2024 saat ini sudah mulai di tingkat kabupaten, Minggu (25/2/2024). Hasil rekapitulasi suara itu akan menjadi dasar penentuan parpol dan caleg mana yang akan lolos ke DPRD Wonogiri.

Adapun data hasil hitung suara yang ditampilkan di pemilu2024.kpu.go.id tidak menjadi dasar KPU untuk menentukan siapa yang menang atau kalah dalam Pemilu 2024. Hitung suara di laman tersebut bersumber dari Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang berfungsi sebagai alat bantu penghitungan sekaligus transparansi publik.

Meski demikian, lanjut dia, tidak berarti data hitung suara yang ditampilkan di pemilu2024.kpu.go.id itu salah. Sebab, sebelum ditampilkan data, yang dihimpun dari seluruh TPS itu sudah dilakukan validasi.

Satya menyebutkan KPU Wonogiri bakal mengumumkan hasil Pemilu 2024 seteah proses rekapitulasi suara Pemiu 2024 selesai di tingkat kabupaten.

“Rekapitulasi suara di tingkat kabupaten kami laksanakan selama lima hari, Minggu-Kamis [25-29/2/2024]. Setelah selesai, baru bisa dipastikan hasil Pemilu 2024 di Wonogiri,” kata Satya kepada Solopos.com, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya