SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan rusak di wilayah Jateng. (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 14 ruas jalan di Wonogiri bakal diperbaiki menggunakan dana senilai Rp58,9 miliar pada 2024 ini. Anggaran perbaikan jalan berasal dari tiga sumber yakni APBD Wonogiri, Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com dari Dinas Pekerjaan Umum atau DPU Wonogiri, anggaran itu ada yang untuk peningkatan kualitas maupun perbaikan atau pemeliharaan berkala. Berikut perincian anggaran dan ruas jalan yang akan diperbaiki pada 2024 ini di Wonogiri:

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Paket Pemeliharaan Jalan dari Banprov Jawa Tengah

Nilai Anggaran: Rp20,7 miliar
Lokasi:

  • Ruas jalan Sukoboyo-Setren, Kecamatan Slogohimo, sepanjang 5,4 km senilai Rp5 miliar
  • Ruas jalan Gondang-Puhpelem, Kecamatan Purwantoro dan Puhpelem sepanjang 2,6 km senilai Rp6 miliar
  • Ruas jalan Miri-Plosorejo, Kecamatan Kismantoro, sepanjang 1,7 km senilai Rp3 miliar
  • Ruas jalan Sumber-Ngroto, Kecamatan Purwantoro, sepanjang 7,2 km senilai Rp6 miliar

Selebihnya anggaran digunakan untuk biaya overhead pabrik senilai Rp130 juta, konsultan perencana senilai Rp200 juta, dan konsultan pengawas senilai Rp370 juta.

Paket Perbaikan Jalan dari DAK

Nilai Anggaran: Rp8,2 miliar
Lokasi: ruas jalan Jatisrono-Jatiroto, Kecamatan Jatiroto dan Jatisrono sepanjang 6,9 kilometer

Paket Peningkatan/Perbaikan Jalan dari APBD Wonogiri

Nilai Anggaran: 29,7 miliar
Lokasi: ada 9 ruas jalan yang disasar namun masih berupa rencana atau belum ditetapkan lokasinya.

Perbaikan jalan itu akan dilaksanakan pihak ketiga dengan cara lelang di Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum atau DPU Wonogiri, Bambang Agus Rinanto, mengatakan dibandingkan tahun lalu, anggaran perbaikan jalan tahun ini berkurang signifikan.

“Tahun lalu ada DAK penugasan dari dana aspirasi anggota legislatif. Sekarang tidak ada. Maka jumlah ruas jalan dibangun pun berkurang dibanding tahun lalu,” kata Bambang saat ditemui Solopos.com di Kantor DPU Wonogiri, Jumat (23/2/2024).

Berdasarkan catatan Solopos.com, pada 2023 lalu, anggaran perbaikan dan pemeliharan jalan kabupaten yang dialokasikan lewat DPU Wonogiri senilai Rp148,9 miliar untuk 18 ruas jalan.

Pada saat itu anggaran DAK untuk proyek jalan senilai Rp68,1 miliar. Kemudian anggaran yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi mencapai Rp40,5 miliar dan dari APBD Wonogiri senilai Rp39,9 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya