SOLOPOS.COM - Lambang PDIP. (Dok Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Perolehan kursi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP di DPRD Wonogiri berpotensi berkurang meski menyapu bersih kemenangan di semua dapil di kabupaten tersebut pada Pemilu 2024 ini.

Partai berlambang banteng itu kemungkinan mendapat minimal empat kursi di setiap dapil. Sebagai informasi, PDIP mendapatkan 28 kursi DPRD Wonogiri pada Pemilu 2019 lalu. Prediksi perolehan kursi pada Pemilu 2024 itu juga tidak sesuai target.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pantauan Solopos.com di laman pemilu2024.kpu.go.id dengan progres data masuk sebesar 73,71% atau 2.882 dari 3.910 TPS di Wonogiri hingga Kamis (22/2/2024) pukul 23.00 WIB, perolehan suara sementara PDIP di dapil I Wonogiri sudah mencapai 35.612 suara.

Sementara Partai Golkar berada di urutan kedua dengan perolehan 8.193 suara. Dengan perolehan suara itu, PDIP bisa mendapat tujuh kursi dari 11 kursi yang tersedia di dapil tersebut.

Tetapi kursi ketujuh PDIP terancam hilang karena perolehan suara PDIP pada pembagian ke-13 sebanyak 2.739 suara hanya berselisih delapan suara dengan perolehan suara Partai Golkar pada pembagian ketiga. Dengan kata lain, Partai Golkar masih berpeluang mendapatkan dua kursi di dapil I.

Sebagai informasi, pada Pemilu 2024, penentuan caleg terpilih masih sama dengan Pemilu 2019, yakni menggunakan metode Sainte Lague. Perolehan suara parpol dihitung dulu dan diranking kemudian dibagi bilangan pembagi ganjil 1, 3, 5, 7, dan seterusnya.

Setelah itu baru menentukan suara caleg di parpol yang akan mendapatkan jatah kursi berdasarkan pembagian itu. Di dapil II, untuk sementara PDIP memeroleh 45.395 suara hingga Kamis malam.

Dengan modal suara itu, partai berlambang banteng moncong putih tersebut bisa mendapatkan jatah enam kursi. Partai dengan perolehan suara terbanyak kedua di dapil ini yakni PAN yang mengantongi 7.053 suara dan kemukinan mendapat satu kursi.

PDIP juga berpeluang mendapatkan enam kursi di dapil III dengan perolehan suara sementara sebanyak 31.568 suara. Partai yang paling mendekati perolehan suara PDIP di dapil ini yaitu Partai Golkar yang meraih 6.430 suara dan kemungkinan bisa mendapatkan satu kursi.

1 Kursi Berpotensi Direbut Golkar

Sementara di dapil IV, perolehan suara sementara PDIP berada di peringkat pertama dengan raihan 34.001 suara. Perolehan suara itu memungkinkan PDIP mendapatkan lima kursi. Artinya PDIP berpotensi kehilangan satu kursi di dapil ini karena pada Pemilu sebelumnya mereka mendapatkan enam kursi.

Perolehan suara PDIP di dapil V untuk sementara juga unggul dengan 38.014 suara dibandingkan partai politik lain. Di dapil ini pula, PDIP bisa mengamankan empat kursi dengan perolehan suara itu.

Secara keseluruhan, berdasarkan perhitungan sementara itu, PDIP bakal mendapatkan 28 kursi di DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024 ini. Itu pun kalau satu kursi di dapil I tidak direbut oleh Partai Golkar.

Prediksi perolehan kursi PDIP itu masih bisa berubah lantaran belum semua data dari hasil penghitungan suara dari KPPS terinput di Sirekap dan muncul di laman pemilu2024.kpu.go.id.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Wonogiri, Joko Sutopo, kepada Solopos.com pada Rabu (14/2/2024) lalu mengatakan target PDIP Wonogiri pada Pemilu 2024 ini yaitu lebih baik dibandingkan hasil Pemilu 2019.

Dengan kata lain, PDIP menargetkan ada penambahan jumlah kursi di DPRD Wonogiri pada Pemilu 2024. ”Saya tidak menyebutkan [target Pemilu 2024] itu jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Tetapi [target] kami lebih baik dari Pemilu 2019,” kata pria yang akrab disapa Jekek tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, mengatakan PDIP menargetkan 41 kursi di DPRD Wonogiri. Menurut dia, target sebesar itu bukan tanpa alasan.

Dia mengatakan para caleg dan kader-kader PDIP di Wonogiri sudah bekerja keras untuk memenang Pemilu 2024, sehingga partai berlambang banteng itu akan tetap menjadi partai penguasa.

“Wonogiri, saya yakin, dengan melihat kesiapan kawan-kawan yang bekerja habis-habisan ini, minimal bisa mendapatkan 41 kursi,” kata Pacul saat diwawancarai Solopos.com di sela-sela kampanye akbar PDIP di Lapangan Pringgodani, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Minggu (4/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya