SOLOPOS.COM - Kendaraan masuk tol fungsional Solo-Jogja via Gerbang Tol Banyudono, Boyolali, Jumat (5/4/2024). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI–Tol fungsional Solo-Jogja sepanjang 22 kilometer dari Kartasura-Ngawen telah resmi dibuka untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2024 pada Jumat-Senin (5-15/4/2024). Tol fungsional Solo-Jogja dibuka mulai pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB untuk kendaraan golongan I nonbus.

Karena pembangunan tol belum selesai, masih ada beberapa titik yang harus diwaspadai pemudik. Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rudy Hardiansyah, menyampaikan semua rambu-rambu telah disiapkan. Pada Kamis (4/4/2024) malam juga telah dilaksanakan pembersihan jalur-jalur yang masih terdapat kerikil dan penataan rambu hingga barrier.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai, pertama dari ruas Karanganom ke Klaten [Ngawen] masih satu jalur. Sehingga, di lokasi itu mohon pemudik tidak memacu kendaraan terlalu kencang. Kami juga membatasi kecepatan di 40 km/jam,” ujar dia saat ditemui di sela-sela pembukaan tol fungsional Solo-Jogja di STA 0 Kartasura, Jumat (5/4/2024).

Selain itu, ia juga mengatakan di ruas Karanganom-Ngawen masih terdapat dua titik zig-zag karena terdapat beberapa lokasi yang lahannya belum bebas sehingga harus berpindah lajur kiri ke kanan.

“Selama pemudik mengikuti arahan petugas, insyaallah bisa berjalan dengan aman dan lancar,” kata dia.

Selanjutnya, ia memprediksi bakal ada 22.000 kendaraan yang keluar dari Exit Tol Colomadu. Sehingga, ada sekitar 50% masuk ke tol fungsional Solo-Jogja atau minimal 10.000 kendaraan per hari.

Rudy memprediksi puncak arus mudik bakal terjadi pada Sabtu (6/4/2024) dengan sekitar 15.000 kendaraan melewati tol fungsional Solo-Jogja. Lalu, arus balik diperkirakan terjadi pada Senin (15/4/2024).

Sementara itu, Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, menyampaikan bagi para pemudik yang ingin masuk ke tol fungsional Solo-Jogja bisa masuk langsung dari Transjawa keluar Exit Colomadu dan masuk ke tol fungsional tanpa keluar dari jalan arteri.

Kemudian, bagi kendaraan dari jalur arteri Solo-Semarang bisa masuk melalui GT Banyudono.

“Untuk GT Colomadu yang tadinya bisa keluar-masuk kendaraan, selama tol fungsional Solo Jogja [pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB] hanya untuk keluar saja. Untuk masuk [ke tol Transjawa] diarahkan lewat pintu tol Banyudono. Setelah pukul 17.00 WIB, GT Colomadu normal lagi, bisa keluar-masuk.” kata dia.

Petrus berharap para pemudik bisa menikmati perjalanan dengan nyaman dan aman sampai tujuan. Ia mengatakan kepolisian dari Boyolali, Karanganyar, dan Klaten akan selalu melakukan pengawalan.

“Kami telah menempatkan petugas di tempat masing-masing kepada para pengguna tol fungsional Solo-Jogja. Kami mengimbau masyarakat yang menggunakan jalur tol fungsional untuk mengikuti arahan petugas di lapangan,” imbau Petrus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya