SOLOPOS.COM - Penumpang antre untuk naik BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri di halte terminal tipe C Wonogiri, Rabu (13/3/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Bus Rapid Transit atau BRT Trans Jateng trayek Solo-Wonogiri yang hadir sejak Agustus 2023 lalu menjadi sarana transportasi umum paling diminati masyarakat. Keberadaan layanan bus ini berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Wonogiri pada 2023.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri, jumlah penumpang datang dengan transportasi bus antarkota antarprovinsi (AKDP) jurusan Solo-Wonogiri pada triwulan IV 2023 sejumlah 124.369 orang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sebanyak 57,09% penumpang datang  di Wonogiri itu disumbang dari BRT Trans Jateng. Sisanya berasal dari penumpang bus AKDP jurusan Solo-Baturetno, Solo-Purwantoro, dan Solo-Pracimantoro.

Sedangkan jumlah penumpang berangkat menggunakan bus AKDP pada periode yang sama sebanyak 129.800 orang. BRT Trans Jateng menyumbang 57,01% dari total penumpang tersebut.

Kepala BPS Wonogiri, Rahmad Iswanto, mengatakan BRT Trans Jateng yang baru beroperasi sejak Agustus 2023 lalu menjadi moda transportasi primadona masyarakat di trayek Solo-Wonogiri.

Lebih dari separuh penumpang AKDP di Wonogiri memanfaatkan layanan transportasi itu selama lebih kurang setengah tahun terakhir ini. Menurut Rahmad, moda transportasi ini begitu diminati warga karena murah.

Tarif layanan BRT Trans Jateng hanya Rp4.000/orang untuk umum dan Rp2.000/orang untuk anak sekolah, buruh, dan orang lansia. Selain itu, layanan ini cukup nyaman karena bersih, ber-AC, dan relatif cepat. Waktu tunggu penumpang pun tidak terlalu lama hanya sekitar 15 menit.

3 Besar Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi

Rahmad membeberkan keberadaan layanan BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri dan minat tinggi masyarakat terhadap moda transportasi tersebut ternyata berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi Wonogiri pada 2023. BPS Wonogiri mencatat pertumbuhan ekonomi sektor transportasi di Wonogiri pada tahun tersebut mencapai 10,91%.

Angka itu menduduki peringkat ketiga pertumbuhan ekonomi paling tinggi di Wonogiri setelah sektor akomodasi termasuk makanan minuman dan informasi komunikasi yang masing-masing tumbuh 15,59% dan 11,74%.

Hanya, kontribusi sektor transportasi baru 7,22% terhadap pertumbuhan ekonomi secara umum yang mencapai 4,8% atau naik menjadi Rp36,9 triliun pada 2023. Pada tahun sebelumnya, kontribusi sektor ini sebesar 6,66% terhadap pertumbuhan ekonomi senilai Rp33,6 triliun.

“Perlu diingat, pada 2023, Wonogiri ini punya layanan transportasi baru berupa BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri. Layanan ini yang banyak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi sektor transportasi. Hal itu mengapa pertumbuhan sektor ini salah satu paling tinggi dibandingkan sektor lainnya,” kata Rahmad kepada Solopos.com, Rabu (13/3/2024).

Pada 2022, pertumbuhan ekonomi sektor transportasi dan pergudangan mencapai 50,48%. Pertumbuhan itu, kata Rahmad, sebenarnya semu sebab pertumbuhan itu sebenarnya hanya titik balik dari sektor transportasi yang lumpuh akibat pandemi Covid-19.

Potret Riil Pertumbuhan Ekonomi

Data BPS Wonogiri menyebutkan pada 2020, pertumbuhan ekonomi sektor ini bahkan sampai minus 33,99%. Pada tahun selanjutnya mulai pulih dengan pertumbuhan sebesar 5,08%.

”Bisa dikatakan pertumbuhan yang sesungguhnya itu ya mulai 2023 karena kondisinya sudah kembali normal setelah pandemi. Potret riil pertumbuhan ekonomi setelah pandemi ya ini,” ujar dia.

Menurut dia, berdasarkan data tersebut, bisa disimpulkan penyediaan layanan transportasi umum yang layak, nyaman, dan murah bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Hal Ini penting diketahui para pembuat kebijakan.

Transportasi publik yang mudah dijangkau ini juga memberikan efek positif ke sektor lain mulai dari pendidikan, akomodasi serta makan dan minum, perdagangan, dan lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri, Waluyo, menerangkan operasional BRT Trans Jateng ini sudah semakin mapan. Jadwal keberangkatan dan kedatangan sudah konsisten sesuai jadwal. Hal itu mengapa transportasi ini menjadi andalan warga. Mereka yang memanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti bekerja, wisata, dan sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya