SOLOPOS.COM - Wabup Klaten, Yoga Hardaya, memberangkatkan bus mudik gratis yang difasilitasi Pemkab Klaten, Kamis (4/4/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten memberangkatkan 10 bus untuk menjemput para perantau yang sudah terdaftar sebagai peserta mudik gratis Lebaran 2024. Diperkirakan, rombongan peserta mudik gratis sampai Klaten pada Sabtu (6/4/2024).

Bus mudik gratis yang difasilitasi Pemkab Klaten itu diberangkatkan dari Terminal Ir Soekarno Klaten, Kamis (4/4/2024) malam. Bus diberangkatkan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, Kepala Dishub Klaten, Supriyono, serta Koordinator Terminal Ir Soekarno Klaten, Marjono.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bus bakal mengangkut para pemudik dari Jabodetabek pulang ke kampung halaman mereka di Klaten dan diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (6/4/2024). Jumlah total pemudik dalam progam mudik gratis itu hampir 500 orang.

“Ada peningkatan jumlah bus yang diberangkatkan dibandingkan tahun lalu [sekitar delapan bus]. Tahun ini belum termasuk yang dari Bank Jateng,” kata Wabup Klaten, Yoga Hardaya.

Yoga menjelaskan masing-masing bus yang diberangkatkan dikawal personel dari Dishub. Direncanakan rombongan angkutan mudik gratis dari Pemkab tiba di Klaten pada Sabtu malam.

“Kami berharap saudara-saudara di perantuan bisa pulang dan silaturahmi dengan keluarga di Klaten untuk merayakan bersama keluarga dan harapan kami bisa membelanjakan uang mereka di wilayah Klaten, hasil produk UMKM serta tidak perlu berwisata keluar daerah karena di Klaten banyak destinasi wisata,” kata Yoga.

Yoga menjelaskan angkutan mudik gratis diadakan untuk mengurangi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi terutama sepeda motor. Fasilitas mudik gratis itu juga menghemat biaya yang dikeluarkan untuk membeli tiket bus.

“Untuk tiket dari Jakarta itu sekali jalan Rp400.000 per orang. Kalau satu keluarga empat orang, sudah berapa penghematannya. Mudah-mudahan program ini memudahkan dan meringankan warga,” kata Yoga.

Koordinator Terminal Ir Soekarno Klaten, Marjono, mengatakan angkutan mudik gratis sebelumnya sudah masuk ke terminal. Ada dua unit bus yang mengangkut peserta mudik gratis difasilitasi Kementerian BUMN. “Untuk puncak arus mudik di terminal diprediksi terjadi pada Minggu-Senin [7-8/4/2024]. Untuk saat ini masih landai,” kata Marjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya