SOLOPOS.COM - Kendaraan keluar jalur fungsional tol Solo-Jogja di Ngawen, Klaten, Jumat (5/4/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Jalur tol fungsional Solo-Jogja mulai dibuka untuk arus mudik Lebaran 2024, Jumat (5/4/2024) pukul 06.00 WIB. Jumlah kendaraan yang melintas  di pintu keluar atau exit Ngawen, Klaten, terus meningkat setiap jamnya pada tiga jam pertama operasional.

Tol fungsional dibuka selama 11 hari mulai Jumat (5/4/2024) hingga Senin (15/4/2024). Tol beroperasi mulai pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Pos Strong Point Exit Tol Ngawen, Iptu Suyana, menjelaskan jumlah kendaraan yang keluar di Ngawen melalui tol fungsional terus meningkat pada tiga jam pertama beroperasi. Pada pukul 06.00 WIB-07.00 WIB, kendaraan yang keluar tol di Ngawen sebanyak 125 unit.

Jumlahnya terus meningkat. Pada pukul 07.00 WIB-08.00 WIB tercatat ada 150 kendaraan yang keluar sementara pada pukul 08.00 WIB-09.00 WIB ada 225 kendaraan.

“Hingga saat ini tidak ada kendala. Mungkin nanti ada penambahan sedikit rambu-rambu karena masih ada pemudik yang berhenti untuk bertanya arah,” kata Suyana saat ditemui Solopos.com di pintu keluar Ngawen, Jumat.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, petugas gabungan dari Polres Klaten serta sukarelawan mengatur lalu lintas kendaraan yang keluar dari tol di Ngawen. Kendaraan yang keluar menuju ke ruas jalan Klaten-Jatinom diarahkan menuju Gergunung untuk melanjutkan perjalanan ke arah Jogja.

Petugas pos berulang kali menginformasikan ke pengemudi melalui pengeras suara untuk mengambil jalur ke kiri untuk mengarah ke Jogja.

Sebagai informasi, pada arus mudik yang dijadwalkan mulai Jumat hingga Kamis (11/5/2025), tol fungsional berlaku searah dari Gerbang Tol (GT) Colomadu dan GT Banyudono ke arah Klaten dan keluar di GT Karanganom atau GT Ngawen.

GT Karanganom yang langsung terhubung ke jalan raya Solo-Jogja di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, dan GT Ngawen terhubung ke ruas jalan Klaten-Jatinom.

Saat arus balik, 11-15 April, berlaku arah sebaliknya. Panjang jalur fungsional pada Lebaran 2024 ini mencapai 22 km, lebih panjang 9 km dibandingkan saat libur Nataru 2023-2024 lalu.

Pengendara atau pemudik yang melintas di jalur tol fungsional diimbau untuk mematuhi sejumlah ketentuan seperti batas kecepatan maksimal 40 km/jam dan memperhatikan rambu-rambu penunjuk arah serta arahan dari petugas di lapangan. Hal itu agar perjalanan mudik maupun balik di jalur tol fungsional berjalan lancar dan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya