SOLOPOS.COM - Kader parpol pengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berkumpul di Lapangan Barepan Cawas, Klaten, sebelum menggelar pawai santun, Minggu (21/1/2024). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Para caleg dan simpatisan partai politik atau parpol pengusung pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, di Klaten mengawali hari pertama kampanye terbuka Pemilu 2024 dengan menggelar konvoi, Minggu (21/1/2024).

Konvoi bertajuk pawai santun itu digelar serentak di seluruh wilayah Klaten. Seperti di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) 5 DPRD Klaten meliputi Cawas, Bayat, Karangdowo, Trucuk, dan Pedan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pawai santun diikuti caleg dan simpatisan parpol pengusung pasangan nomor urut 1 di Klaten di antaranya PKS, PKB, serta Partai Nasdem. Titik kumpul pawai di Lapangan Barepan, Kecamatan Cawas.

Sebelum pawai pada kampanye terbuka itu, ada orasi politik dari caleg di Dapil 5 Klaten masing-masing parpol pengusung Anies-Muhaimin. Ada Ihdal Khusnayain dari PKS dan Ahmad Mutohar dari PKB. Seusai orasi, iring-iringan konvoi mulai berjalan.

Tidak ada kendaraan yang menggunakan knalpot brong pada pawai tersebut. “Ini salah satu bentuk kampanye untuk memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 1. Jumlah pesertanya ada 500 orang. Selain di Cawas, kegiatan digelar serentak di semua wilayah Klaten,” kata Ihdal saat ditemui wartawan di sela acara.

Iring-iringan pawai berkeliling wilayah Cawas, Pedan, serta Karangdowo. Dia juga menjelaskan peserta pawai sebelumnya dilarang menggunakan knalpot brong. “Semoga masyarakat bisa melihat dan menilai bagaimana pawai yang kami gelar berlangsung sopan, baik, dan tidak urakan,” ungkap Ihdal.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten sudah mengeluarkan Keputusan KPU Klaten Nomor 12 Tahun 2024 tentang Penetapan Jadwal Kampanye Rapat Umum Anggota DPRD Klaten dalam Pemilu 2024.

Kampanye rapat umum bagi parpol di tingkat Kabupaten Klaten dikelompokkan sesuai dengan gabungan parpol pengusul atau pendukung pasangan capres-cawapres.

Untuk parpol yang sampai saat ini belum menyatakan dukungan atau afiliasi kepada pasangan capres-cawapres tertentu, maka dijadwalkan tersendiri yakni masing-masing diberikan waktu selama tujuh hari melakukan kampanye terbuka.

Kampanye terbuka berlangsung pada 21 Januari hingga 10 Februari 2024. Hari pertama kampanye terbuka atau Minggu (21/1/2024) menjadi jadwal kampanye pasangan nomor urut 1 beserta parpol pengusung. Selanjutnya, Senin (22/1/2024) pasangan nomor urut 2 dan Selasa (23/1/2024) pasangan nomor urut 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya