SOLOPOS.COM - Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Betty Nugroho saat ditemui dalam kegiatan Glorifikasi Keselamatan Berlalulintas 2023 di Hotel Tosan Solo Baru, Sukoharjo, Kamis (2/11/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Angka kecelakaan di Kabupaten Sukoharjo termasuk yang tertinggi d Soloraya dan kelima se-Jawa Tengah. Mengacu data Satlantas Polres Sukoharjo, dalam rentang Januari-Agustus 2023, ada sedikitnya 1.200 kasus kecelakaan dengan 80-an korban meninggal dunia.

Sedangkan mengacu data 2022, total ada 1.503 kejadian kecelakaan dan memakan 119 korban jiwa. Korban luka ringan mencapai 1.344 orang, luka berat dua orang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut, Satlantas kemungkinan akan mengurangi jumlah lokasi putar balik atau U turn.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Betty Nugroho, mengatakan tingginya angka kecelakaan tersebut menjadi keprihatinan. Terlebih korban terbanyak didominasi dari usia produktif dan pelajar. Betty mengaku terus berupaya menggandeng stakeholder lainnya guna mengurangi angka kecelakaan.

Pekan lalu pihaknya telah mengadakan pertemuan bersama lima pilar. Selain Satlantas, ia juga menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukoharjo dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Pertemuan tersebut berkaitan dengan rencana umum nasional keselamatan (RUNK).

“Kemarin kami ada tiga lokasi yang kami survei, hasilnya semua stakeholder punya PR masing-masing. Dishub punya PR terkait markah yang mulai pudar. PUPR juga punya PR terkait jalannya. Tiga titik di antaranya Begajah, Kartasura, dan U-turn di depan Jinung [Jl. Wonogiri-Sukoharjo]. Hasilnya kemungkinan akan ada pengurangan U-turn karena sudah menjadi PR kami untuk disampaikan  kepada pimpinan lebih tinggi,” jelas Betty saat ditemui seusai menggelar sosialisasi keselamatan berlalu lintas di Hotel Tosan, Solo Baru, Sukoharjo, Kamis (2/11/2023).

Lebih lanjut Betty mengungkap selain di tiga lokasi tersebut, survei juga dilakukan untuk memetakan lokasi mana saja yang perlu diperhatikan. Mengingat ada jalan nasional, provinsi, dan kabupaten, yang kesemuanya harus difasilitasi. Terutama sarana prasarana yang harus diperhatikan untuk keselamatan pengendara.

Betty mengaku pada pekan depan pihaknya akan melakukan analisis dan evaluasi (anev) bersama dengan semua forum lalu lintas. Selain lima pilar tersebut anev juga akan mengundang BPBD, Satpol PP, Dinas Pendidikan dan beberapa pihak yang perlu bekerjasama dalam forum lalu lintas.

“Satlantas tengah berupaya menanamkan pengendara memiliki mainset keselamatan menjadi kebutuhan. Paling tinggi pelanggaran dilakukan oleh anak dibawah umur yang seharusnya belum boleh berkendara. Biasanya terjadi di jalan pedesaan, karena jalan utama di kota malah jarang [kecelakaan],” bebernya.

AKP Betty mengaku Sukoharjo memiliki wilayah cukup luas pihaknya juga telah berupaya menjangkau masyarakat melalui Babinkamtimas untuk menjangkau wilayah yang paling jauh. Sebab ia mengaku prihatin jika sosialisasi perihal keselamatan berkendara tidak tersampaikan di wilayah ujung Sukoharjo.

Pada bagian lain, Kabagren Polres Sukoharjo, Kompol Sriyadi, mengatakan dalam kegiatan yang digelar di Solo Baru tersebut Polres mengadakan Glorifikasi Keselamatan Berlalu Lintas 2023 dengan tujuan menjadi cooling system menghadapi Pemilu Damai 2024.

“Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa menjadi duta keselamatan lalu lintas. Sehingga saat menghadapi masa Pemilu di era kampanye mereka yang merupakan duta sekaligus pemilih bisa tertib berlalu lintas. Misalnya menggunakan helm, spion dan knalpot berstandar. Karena biasanya massa akan berkampanye dan melakukan arak-arakan. Pengalaman yang sudah ada banyak yang melanggar lalu lintas,” papar Sriyadi.

Kegiatan tersebut diikuti sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Universitas Surakarta (Unsa) dan Universitas Veteran (Univet) Bangun Nusantara dengan total sebanyak 300 peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya