SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPRD Karanganyar Anung Marwoko menyerahkan bantuan kursi roda untuk Suti Hapsoro pada Rabu (3/4/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Suti Hapsoro, 57, wartawan senior di Kabupaten Karanganyar kondisinya tak baik-baik saja. Suti membutuhkan uluran tangan para dermawan. Sebelumnya, sejumlah wartawan di Karanganyar telah menyerahkan bantuan uang untuk Suti. Kini bantuan datang dari Wakil Ketua DPRD Karanganyar Anung Marwoko.

Saat ditemui di rumah kontrakannya di Perumahan Jaten Permai Indah (JPI) jalan Wijaya Kusuma Nomor 11 A Jaten, Karanganyar, Rabu (3/4/2024), Suti tampak lemah. Mantan jurnalis harian sore Wawasan itu hanya terbaring di kasur busa tipis.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tubuhnya kian kurus. Sebelas tahun lamanya ia terserang stroke. Di tahun awal terkena serangan stroke, ia masih bisa bekerja menjalani rutinitasnya sebagai wartawan. Kondisinya makin parah mulai 2017 silam. Ia mulai linglung dan tak bisa lagi bekerja.

Sejak itu, untuk biaya hidup sehari-hari ia hanya mengandalkan dari putra sulungnya, Adit, 21. Sang putra hanyalah lulusan SMK yang bekerja sebagai buruh pabrik di wilayah Karanganyar. Sementara putri bungsunya, Septi, 17, kini masih menjalani magang pendidikan di pusat perbelanjaan di wilayah Palur. Mereka merawat sang bapak secara bergantian.

Namun tiga pekan terakhir, kondisi Suti makin memprihatinkan. Dari semula masih bisa berjalan meski tertatih-tatih, kini hanya bisa terbaring di kasur. Ia tak bisa lagi berjalan, bahkan berdiri pun sudah tak mampu. Selain sakit kepala berat, ia juga mengeluhkan sesak napas dan tak mau makan.

“Bapak tidak mau makan. Kalau makan paling satu dua sendok saja,” kata Septi.

Ia dan kakaknya bergantian menjaga bapak mereka. Namun jika di waktu bersamaan keduanya bekerja, Suti terpaksa ditinggal sendirian di rumah. “Sebelum berangkat semua sudah saya siapin makanan, minuman di samping kasur. Mas Adit juga kalau pas jam istirahat pulang menengok bapak di rumah,” kata dia.

Baru-baru ini, Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Anung Marwoko, memberikan bantuan kursi roda. Politikus Partai Golkar ini langsung tergerak setelah mendengar kondisi Suti Hapsoro. “Kursi roda ini saya pinjamkan agar bisa digunakan untuk sehari-hari. Kasihan kalau di tempat tidur terus,” katanya.

Sosok Anung Marwoko selama ini memang dikenal sebagai politisi yang sering turun ke masyarakat, untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya