SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, melantik para pejabat yang mengalami pergeseran posisi atau mutasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Minggu (31/12/2023). (Istimewa/Prokopim Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Empat jabatan tinggi pratama kepala organisasi perangkat daerah atau OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri masih kosong. Pemkab segera membuka seleksi untuk pengisian jabatan eselon II itu dalam beberapa waktu ke depan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wonogiri, Antonius Purnama Adi, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (9/1/2024), mengatakan ada empat JPT Pratama atau eselon II yang saat ini kosong dan sementara diemban pelaksana tugas (Plt).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Empat JPT itu meliputi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Sekretaris DPRD, dan Staf Ahli Bupati.

Menurut Anton, kekosongan jabatan eselon II di empat lembaga itu lantaran saat ini Pemkab Wonogiri kekurangan pegawai setingkat eselon II.

Jabatan Kepala Badan Kesbangpol dan BPBD kosong sebagai konsekuensi perubahan nomenklatur kedua lembaga tersebut menjadi badan daerah. Sementara jabatan Sekretaris DPRD dan staf ahli Bupati kosong akibat pejabat sebelumnya purnatugas.

“Akan ada seleksi terbuka JPT untuk pengisian jabatan-jabatan itu. Pengisian JPT bisa dilakukan melalui mutasi atau seleksi. Tetapi untuk pengisian empat jabatan itu dipastikan melalui seleksi karena kami kekurangan pegawai eselon II,” kata Anton.

Dia melanjutkan saat ini BKD Wonogiri sedang mempersiapkan proses seleksi pengisian empat jabatan kepala OPD yang kosong tersebut.

Kendati demikian, belum bisa ditentukan kapan waktu pelaksanaan seleksi terbuka pengisian jabatan itu akan dilakukan. Pemkab Wonogiri bakal mengusahakan proses pengisian JBT itu selesai pada Maret 2024.

Tidak Mengganggu Kinerja

Anton menyampaikan meski saat ini jabatan Kepala Badan Kesbangpol diemban Plt, tugas dan fungsi lembaga itu dalam pengawasan politik pada Pemilu 2024 tidak terganggu.

Begitu juga dengan fungsi BPBD yang saat ini diemban Plt tidak berarti menyulitkan dalam koordinasi penanggulangan bencana.

Sebagai informasi, Plt Kepala Badan Kesbangpol dan BPBD Wonogiri saat ini adalah Sekretaris OPD tersebut, masing-masing Rahmat Imam Santosa dan Trias Budiono.

Keduanya saat ini menjabat sebagai Sekretatis sekaligus Plt kepala badan masing-masing. Sebelum kedua lembaga itu berubah menjadi badan, Imam dan Trias menjabat sebagai kepala di masing-masing lembaga itu.

“Kewenangan Plt itu kan sama dengan kepala. Jadi tidak kesulitan dalam koordinasi di masing-masing lembaga itu. Termasuk di Sekwan [Sekretaris DPRD], sementara baru Plt,” ujar Anton.

Sebelumnya, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, telah melakukan perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) kepada sejumlah pejabat eselon II, III, dan IV. Pergeseran jabatan itu salah satunya karena ada perubahan nomenkelatur organisasi perangkat daerah (OPD).

Adapun pelantikan dan pengambilan sumpah janji dilakukan pada Minggu (31/12/2023) di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Ihwal kekosongan empat jabatan kepala OPD Pemkab Wonogiri itu, Bupati yang akrab disapa Jekek tersebut mengatakan segera diisi.

“Adapun kekosongan jabatan eselon II akan segera diisi. Namun, harus melalui proses uji kompetensi dan asesmen internal secara profesional lebih dulu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya