SOLOPOS.COM - Bupati Wonogiri Joko Sutopo melantik 215 pejabat termasuk 10 pejabat eselon II di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Minggu (31/12/2023). (Instagram @humas_wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Bupati Wonogiri Joko Sutopo pada Minggu (31/12/2023) sore lalu melantik 215 pejabat Pemkab yang dimutasi atau digeser posisinya. Pelantikan berlangsung di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Di antara ratusan pejabat yang dilantik itu ada 10 pejabat eselon II yang mengalami pergeseran posisi dan beberapa di antaranya tetap di jabatan yang sama, hanya menyesuaikan perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram @humas_wonogiri, Selasa (2/1/2024), pejabat eselon II yang berpindah posisi antara lain Wiyanto yang sebelumnya Asisten Sekda menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian.

Sementara Ristanti yang sebelumnya pejabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dimutasi menjadi Asisten Sekda Wonogiri. Berikutnya Djoko Purwidyatmo yang sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) digeser menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Sedangkan Antonius Purnama Adi yang sebelumnya Kepala Dinas PMD mengisi posisi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Kemudian Heru Utomo yang sebelumnya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda & Litbang) menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah.

Wahyu Widayati yang sebelumnya Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian Perdagangan (KUKM Perindag) menjadi Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disdag & KUKM). Sutardi yang sebelumnya  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan.

Sedangkan Baroto Eko Pujanto yang sebelumnya Kepala Dinas Pertanian dan Pangan menjadi Kepala Dinas Pertanian. Joko Susilo yang sebelumnya Kepala Satpol PP menjadi Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran. Sri Wahyu Widayatto yang sebelumnya Kepala Dinas Kearsipan menjadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Sementara itu, pada mutasi pejabat kali ini masih empat jabatan eselon II Pemkab Wonogiri yang masih kosong, yakn Sekretaris DPRD, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Staf Ahli Bupati.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan pelantikan dan mutasi pejabat itu menyesuaikan nomenklatur baru yang diterbitkan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Bupati yang akrab disapa Jekek itu berharap dengan pergeseran pejabat tersebut mampu membangun kesadaran publik bahwa otoritas otonomi daerah harus dikelola dengan manajemen yang sebaik-baiknya.

“Adapun kekosongan jabatan eselon II akan segera diisi. Namun harus proses uji kompetensi dan asesmen internal secara profesional terlebih dahulu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya