SOLOPOS.COM - Ketua DPC Partai Demokrat menyerahkan formulir pendaftaran kepada panitia penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati DPC Partai Gerindra pada Rabu (29/5/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

KARANGANYAR-Koalisi Indonesia Maju (KIM) berpeluang berlanjut hingga ke kontestasi Pilkada Karanganyar yang akan digelar pada 27 November mendatang. Sejumlah partai politik yang tergabung dalam KIM di Pemilu lalu, mulai merapatkan barisan. Keseriusan kelanjutan KIM di Pilkada Karanganyar ditunjukkan dengan langkah Ketua DPC Partai Demokrat Tri Haryadi yang melamar sebagai bakal calon wakil bupati (cawabup) di penjaringan DPC Partai Gerindra.

Tri Haryadi menyerahkan berkas lamarannya pada Rabu (29/5/2024). Kedatangannya ke kantor sekretariat DPC Partai Gerindra didampingi istri dan juga jajaran struktural DPC Partai Demokrat pukul 14.14 WIB. Tri Haryadi diterima langsung Ketua Tim Penjaringan Bakal Cabup dam Cawabup Partai Gerindra, Setiawan Dibroto dan Ketua Gerindra Karanganyar Adhe Eliana.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sebelumnya sinyal KIM berlanjut di Pilkada Karanganyar 2024 ditunjukkan oleh Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar yang juga partai tergabung di KIM, Ilyas Akbar Almadani. Putra mantan bupati Karanganyar periode 2013-2018 dan 2018-2023 Juliyatmono ini mendaftarkan diri sebagai bakal cabup di penjaringan Partai Gerindra setempat.

Tri Haryadi berharap KIM terus berlanjut hingga ke Pilkada Karanganyar. Sehingga dia pun mendaftarkan diri sebagai bakal cawabup melalui Penjaringan Partai Gerindra. Dimana dalam pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) lalu, Partai Demokrat dan Gerindra tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Tri berharap, Demokrat dan Gerindra, kembali bersama dalam Pilkada Karanganyar.

“Kita pernah bersama dan tergabung dalam KIM saat Pilpres. Kami berharap, saat Pilkada bisa kembali bersama. Tapi semua kami serahkan kepada DPP,” katanya selepas menyerahkan berkas di DPC Partai Gerindra.

Tri mengatakan komunikasi dengan partai politik yang tergabung dalam KIM intens dilakukan termasuk dengan Partai Golkar. Selain itu juga komunikasi dengan partai di luar KIM, salah satunya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tri juga memasukkan lamaran sebagai bakal cawabup melalui penjaringan di PKB. Namun pihaknya baru sebatas mengambil formulir pendaftaran. Dia berencana mengembalikan formulir tersebut dalam waktu dekat.

Untuk meningkatkan elektabilitas, dia bersama seluruh tim terus bergerak melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Kita terus bergerak. Kami optimis dapat rekomendasi sebagai bakal calon wakil bupati,” katanya.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Partai Gerindra, Setiawan Dibroto, menyampaikan hingga kini sudah ada empat orang yang mengambil formulir pendaftaran. Dua kandidat telah mengembalikan berkas lamarannya, masing-masing atas nama Ilyas Akbar Almadani untuk posisi bakal cabup, dan Tri Haryadi di posisi sebagai bakal cawabup.

Sedangkan dua kandidat lain sudah mengambil formulir dan belum dikembalikan, ada Direktur PUDAM Tirta Lawu Karanganyar Prihanto dan pengusaha properti dari Ngringo, Antonius Hendro Prasetyo. Dia mengatakan pembukaan pendaftaran penjaringan cabup dan cawabup dibuka hingga 5 Juni mendatang. Setiawan menambahkan, dari kader internal Partai Gerinda telah memutuskan untuk mendaftarkan Adhe Eliana sebagai bakal calon bupati.

“Dari internal, ketua DPC Partai Gerindra, Adhe Eliana kami pastikan akan mendaftar. Kapan waktunya, nanti akan kami kabari lebih lanjut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya