SOLOPOS.COM - KPU Karanganyar melantik 531 personel PPS pada Minggu (26/5/2024).(Istimewa/KPU Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 531 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada Serentak 2024 resmi dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar.

Proses pelantikan digelar di Gedung Mabes Convention Centre (MCC) Karanganyar pada Minggu (26/5/2024). Anggota PPS yang dilantik mayoritas wajah lama saat penyelenggaraan Pemilu 2024 lalu ini disebar di 177 desa/kelurahan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua KPU Karanganyar Daryono mengatakan tiga orang personil PPS dilantik menempati di setiap desa/ kelurahan. Mereka sebelumnya telah mengucapkan sumpah janji dan meneken pakta intregitas yang menjadi pegangan dalam bertugas.

“Para personel PPS langsung tancap gas segera berkoordinasi dengan jajaran penyelenggara pemilu. Kemudian yang terpenting segera membantu pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) untuk pelaksanaan pilkada,” kata Daryono kepada Solopos.com, Senin (27/5/2024).

Daryono menitipkan pesan agar PPS tidak mletre dalam menjalankan tugas. Mereka diminta tidak melakukan hal-hal yang menyimpang dari peraturan. Menurutnya, tidak ada waktu bagi jajaran penyelenggara pemilu untuk leha-leha, karena waktu penyelenggaraan pilkada semakin dekat. Selain pemetaan TPS, Juni mulai melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih.

Sebelumnya KPU Karanganyar juga melantik 85 petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Hotel Alana Colomadu pada Kamis (16/5/2024) lalu. Mereka bertugas di 17 kecamatan wilayah Kabupaten Karanganyar selama tahapan Pilkada Serentak 2024. Sama halnya dengan PPS, personel PPK yang dilantik merupakan wajah lama. Dengan pengalaman yang mereka miliki diharapakan akan membantu selama bertugas di Pilkada Serentak 2024.

“Itu dapat menjadi bekal untuk Pilkada 2024. Harapannya petugas PPK dan PPS menjalankan kolektif kolegial dan selalu kompak,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya