SOLOPOS.COM - Tim basket SMAN Kebakkramat saat merayakan gelar juara 1 dalam turnamen Piala DPRD Karanganyar 2024 yang digelar di Hall Karanganyar Fit Club, Sabtu (25/5/2024) malam. (Istimewa/Samnfumabasketball)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tim basket SMAN Kebakkramat sukses mengawinkan gelar juara dalam ajang Piala DPRD Karanganyar 2024 yang digelar di Hall Karanganyar Fit Club, Sabtu (25/5/2024).

Di babak final, baik tim putra maupun putri SMAN Kebakkramat, berhasil menundukkan perlawan tim basket putra dan putri MAN 2 Klaten lewat pertandingan yang cukup ketat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pantauan Solopos.com, Sabtu (25/5/2024), Hall Karanganyar Fit Club digelar empat pertandingan yakni final putra dan putri dan perebutan juara tiga putra dan putri tingkat SMA. Di mana laga final putra maupun putri mempertemukan dua sekolah yang sama, yakni  SMAN Kebakkramat vs. MAN 2 Klaten.  Sedangkan untuk perebutan juara tiga putra mempertemukan SMAN 1 Karanganyar vs. SMAN Gemolong dan untuk putri SMAN Karangpandan vs. SMAN 1 Sumberlawang, Sragen.

Laga tersebut ternyata mampu meyedot animo begitu besar bagi pencinta basket Bumi Intan Pari dan sekitarnya. Kantong-kantong di sekitar venue penuh dan tribune penonton pun hampir tidak ada celahnya.

Suasanya semakin riuh dan ramai ketika seratusan suporter basket dari SMAN 1 Karanganyar mulai bernyanyi sambil menabuh drum. Bahkan mereka juga sempat membentangkan koreografi berukuran besar dengan gambar tentara di film Starwars.

Pada partai perebutan juara ketiga putri, berhasil dimenangkan SMAN Karangpandan dengan skor 21-19 atas SMAN 1 Sumberlawang, Sragen. Sedangkan di sektor pria dimenangkan SMAN Gemolong, Sragen dengan skor 32-16 atas SMAN 1 Karanganyar.

Memasuki partai final, suasana di lokasi semakin seru. Ratusan suporter SMAN Kebakkramat dengan militas mendukung para jagoannya di lapangan.  Meski kalah, jumlah, para pendukung MAN 2 Klaten juga tidak mau kalah meneriakkan pekikan semangat untuk para pemain.

Di laga final putri berlangsung cukup ketat hingga kuarter keempat. Akhirnya para srikandi Smanfuma, sebutan SMAN Kebakkramat, berhasil membekuk srikandi MAN 2 Klaten dengan skor 22-18.

Sementara itu, di sektor putra Smanfuma tampil begitu perkasa. Mereka mampu tampil efektif saat menyerang dan solid dalam bertahan sedangkan MAN 2 Klaten bermain sebaliknya. Hingga kuater empat berakhir, skor 54-33 untuk kemenangan Smanfuma.

Ketua Panitia Piala DPRD Karanganyar, Ongki Setiawan, mengatakan rata-rata dalam sehari jumlah penonton yang hadir rata-rata mencapai 200 orang. Angka tersebut terbilang cukup tinggi mengingat kapasitas tribune hanya 500-an orang.

“Untuk harga tiket babak penyisihan kami membanderol dengan harga Rp5.000, babak semifinal naik menjadi Rp.8000, dan untuk final Rp10.000,” kata dia .

Ongki menambahkan bahwa turnamen ini diikuti 49 tim dari Soloraya. Dengan rincian SMP putra dan putri sebgak 16 tim, SMA putra dan putri 29 tim, dan perguruan tinggi  4 tim.

Nantinya, kata dia, para peserta akan memperebutkan total hadiah sebanyak Rp15.000.000. Hadiah tersebut juga berupa trofi, uang pembinaan, kepada juara 1-3 dan suporter terbaik.

“Selain peringatan HUT DPRD ke-73, ini juga menjadi ajang bagi kami untuk menjaring bibit-bibit pemain basket potensial di Karanganyar,” ujar dia.

Ongki berahap di tahun mendatang, turnamen ini mampu diikuti oleh tim di luar Soloraya. Seperti Semarang, Yogyakarta, dan Jawa Timur dengan begitu secara persaingan jauh lebih sengit dan kompetitif.

Di hari sebelumnya, tim putra SMP Al-Abidin Solo berhasil keluar sebagai juara setelah mengandaskan perlawan SMP Insan Cendekia Solo dengan skor 24-15. Sedangkan juara tim putri SMP diraih SMPN Jumantono, Karanganyar yang mengalahkan SMPN 1 Karanganyar dengan skor 22-12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya