SOLOPOS.COM - Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah sekaligus Ketua DPRD Jawa Tengah, Sumanto. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Ketua DPRD Jawa Tengah yang juga Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah, Sumanto menyatakan siap maju sebagai calon bupati (cabup) dalam kontestasi pilkada Karanganyar yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Kesiapannya maju tersebut, apabila langsung ditugasi oleh DPP PDIP. Hal ini sekaligus menjawab kasak-kusuk di tataran arus bawah terkait namanya yang ramai diperbincangkan bakal maju meramaikan pilkada Karanganyar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

caleg DPRD Karanganyar dari PDIP Bagus Selo
Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Banyak tokoh hingga partai politik yang menantikan langkah Sumanto di Pilkada Karanganyar. Kepopuleran Sumanto di masyarakat Kabupaten Karanganyar tak diragukan lagi. Bahkan namanya masuk di jajaran peringkat teratas tokoh politik berpengaruh di Karanganyar.

Sumanto yang merupakan warga asli Kabupaten Karanganyar ini berhasil meraup 170.579 suara di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dari Dapil VI Jawa Tengah meliputi Sragen, Wonogiri, dan Karanganyar.

Dijumpai Espos seusai pertemuan dengan warga di Desa Suruhkalang, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Selasa (28/5/2024) petang, Sumanto menyampaikan siap maju di Pilkada Karanganyar jika ditugaskan partai. Sumanto mengatakan saat ini proses pendaftaran baik untuk Pilkada Kabupaten/Kota maupun Pemilihan gubernur (Pilgub) masih berjalan.

“Saya menunggu perintah DPP. Kalau ada perintah, saya siap (maju Pilkada Karanganyar). Mengenai elektabilitas yang dinilai tinggi, semua tergantung DPP. Nanti partai yang menentukan,” katanya.

Lebih lanjut, Sumanto mengatakan untuk Pilkada Karanganyar 2024, semua tergantung kepada keputusan dari DPP PDIP, dalam hal ini rekomendasi dari Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarno Putri. Sebagai petugas partai, Sumanto pun siap mengikuti instruksi partai. Saat ditanya apakah dirinya mendaftar sebagai bakal cabup melalui penjaringan di DPD PDIP, Sumanto menjawab diplomatis. “Belum (daftar). Kan nanti masih bisa lewat DPP. Semua masih dibuka,” katanya.

Sumanto menjelaskan saat ini proses penjaringan dan penyaringan pelaksanaan Pilkada serentak, dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat DPC, DPD dan DPP PDIP. Hingga hari terakhir pengambilan formulir pendaftaran di DPD PDIP Jawa Tengah, Sumanto mengatakan ada tujuh yang mengambil formulir pendaftaran.

Selain Sumanto, nama Ketua DPRD Karanganyar yang juga Ketua DPC PDIP setempat, Bagus Selo menguat sebagai kandidat bakal calon bupati (cabup) di Pilkada Karanganyar, meskipun Bagus Selo tak mendaftarkan diri sebagai bakal cabup di penjaringan DPC PDIP Karanganyar.

Bagus Selo pun menyatakan siap maju sebagai cabup apabila diperintah partai. “Saya ini kan tunduk dan patuh setiap instruksi partai. Jadi kalau itu (maju cabup Karanganyar) perintah partai, ya harus dilaksanakan,” katanya.

Saat ini Bagus Selo dilirik Ketua Dewan Syuro PKB Karanganyar, Tony Hatmoko yang kini mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati (cawabup) melalui PDIP Karanganyar. Tony berharap bisa maju bersama Bagus Selo di Pilkada Karanganyar.

Diketahui, elektabilitas Bagus Selo juga menyamai Sumanto, bersanding dengan tokoh politisi PDIP lain seperti Paryono dan Rober Christanto. Untuk Paryono sendiri hingga kini belum bersikap. Mantan wakil bupati periode 2008-2013 itu masih terfokus sebagai anggota DPR. Sedangkan Rober Christanto menjadi satu-satunya yang mendaftar sebagai bakal cabup di penjaringan DPC PDIP Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya