SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu 2024. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, KLATEN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten memastikan puluhan ribu petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara atau KPPS Pemilu 2024 dalam kondisi prima dan siap bertugas pada hari pencoblosan, Rabu (14/2/2024).

Dia menjelaskan hingga Selasa (13/2/2024) sore atau H-1 Pemilu, tidak ada petugas KPPS yang melaporkan sakit. Jumlah total petugas KPPS di Klaten sebanyak 29.386 orang yang akan bertugas di 4.198 tempat pemungutan suara (TPS). Masing-masing TPS terdiri dari tujuh petugas KPPS.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Ketua KPU Klaten, Primus Supriono, mengatakan sebelumnya sudah digelar bimbingan teknis (bimtek) untuk petugas KPPS. Mereka juga sudah diberikan buku panduan untuk memastikan pelaksanaan pemungutan serta penghitungan suara berjalan sesuai aturan.

“Semua petugas KPPS dalam kondisi siap. Sampai saat ini dari 29.386 petugas KPPS, tidak ada keluhan dan komplain terkait kesehatan. Kami juga sudah mengimbau agar mereka secara mandiri ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Primus saat ditemui Solopos.com di Polres Klaten, Selasa (13/2/2024).

Disinggung penggunaan aplikasi Sirekap yang membantu dan mendukung proses rekapitulasi penghitungan suara secara digital, Primus menjelaskan penyempurnaan aplikasi terus dilakukan.

“Aplikasi Sirekap sementara ini masih melakukan perbaikan-perbaikan dan pelatihan. Sampai saat ini kami anggap cukup baik walau belum sempurna. Kami masih punya waktu sampai rekapitulasi tingkat kecamatan. Tentu kami siapkan plan B dan C seandainya Sirekap itu bermasalah. Tetapi kami sampai saat ini masih cukup yakin dengan Sirekap,” jelas Primus.

Ketua KPPS 04 Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat, Suwarna, mengatakan hingga kini penggunaan aplikasi Sirekap belum mengalami kendala.

“Sempat agak bermasalah kemarin, ada yang belum mendapatkan notifikasi sampai hari-hari terakhir. Saya sendiri baru dapat notifikasi dua hari kemarin sehingga baru bisa login. Aksesnya kemarin sempat kesulitan, tetapi setelah dipraktikkan sudah lumayan. Semoga besok bisa lancar,” kata Suwarna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya