SOLOPOS.COM - Bakal pasangan calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup), Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa resmi mendaftar dan menyerahkan dukungan masyarakat ke KPU Sukoharjo, Minggu (12/5/2024) malam. (Istimewa/KPU Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo memperpanjang waktu pelaksanaan tahapan verifikasi administrasi (vermin) dokumen dukungan masyarakat bakal pasangan calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) jalur perseorangan atau independen, Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa. Tahapan proses vermin bakal pasangan calon jalur perseorangan diperpanjang hingga 2 Juni.

Perubahan jadwal vermin pasangan calon jalur independen tertuang dalam surat edaran KPU RI bernomor 815/PL.02.7-SD/05/2024 yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari. Dalam surat edaran itu disebutkan tahapan vermin dokumen dukungan masyarakat jalur perseorangan mengalami penyesuaian jadwal.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sukoharjo Bambang Muryanto mengatakan semula proses vermin dukungan masyarakat jalur perseorangan dilakukan pada 13-29 Mei. Namun ada penyesuaian jadwal sehingga proses vermin pasangan calon jalur perseorangan diperpanjang hingga 2 Juni.

“Sebenarnya, jajaran komisioner KPU Sukoharjo berencana melaksanakan rapat pleno vermin dukungan masyarakat pasangan calon jalur perseorangan pada Rabu (29/5/2024) malam. Dengan terbitnya surat KPU RI maka proses vermin dukungan pasangan calon diperpanjang hingga 2 Juni,” kata dia.

Menurut Bambang, dukungan masyarakat bakal pasangan calon jalur independen berupa surat pernyataan dukungan atau formulir B.1-KWK yang dilampiri fotokopi KTP. Proses vermin dukungan masyarakat dilakukan dengan mencocokkan formulir B.1-MWK dengan data yang diinput di aplikasi sistem informasi pencalonan (Silon). Apabila hasil vermin memenuhi syarat minimal dukungan maka bakal dilanjutkan dengan verifikasi faktual atau verfak yang direncanakan pada Juni.

Saat mendaftar ke KPU Sukoharjo, duet Tuntas Subagyo-Djayendra Dewa telah menginput dukungan masyarakat di aplikasi Silon sebanyak 55.906 orang. Pasangan Tuntas-Djayendra optimistis dukungan masyarakat yang telah diinput di aplikasi Silon memenuhi verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual.

“Tim pemenangan mengumpulkan dukungan masyarakat yang tersebar di 12 kecamatan. Semaksimal mungkin, sudah kami persiapkan baik vermin maupun verfak,” kata bakal calon bupati jalur perseorangan, Tuntas Subagyo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya