SOLOPOS.COM - Calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo, mengunjungi Pasar Wonogiri, Jumat (29/12/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI – Meski berbagai lembaga survei menunjukkan elektabilitasnya tidak berada di puncak, calon presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo, optimistis bisa melaju ke putaran kedua pada Pilpres 2024 mendatang.

Ia yakin suara rakyat akan banyak diberikan kepadanya. Selain itu, Ganjar mengaku sudah melakukan survei internal untuk mengukur elektabilitasnya sebagai capres dan Mahfud Md sebagai calon wakil presidennya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Meski hanya untuk kalangan internal dan tidak diumumkan kepada publik, dia mengaku hasil survei itu cukup membuatnya optimistis bisa melaju ke putaran kedua pada Pilpres 2024.

Ganjar menyebut elektabilitasnya terus bergerak. Di sisi lain, dia mempertanyakan hasil survei sejumlah lembaga yang berbeda-beda padahal dilakukan pada waktu yang relatif sama.

“Beberapa survei yang muncul hari-hari ini kan kami perbandingkan. Ini waktunya sama kok hasilnya berbeda, maka kami punya survei sendiri,” kata Ganjar kepada wartawan selepas berkeliling menyapa sejumlah pedagang Pasar Wonogiri, Jumat (29/12/2023).

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu cukup percaya diri suara rakyat akan banyak diberikan kepadanya saat Pemilu 2024 mendatang. Hal itu menjadi alasan dia terus turun menjumpai masyarakat.

Sambutan-sambutan warga yang ramai saat dia turun ke akar rumput menjadi alasannya cukup optimistis bakal meraih suara terbanyak pada Pilpres 2024.

“Kalau melihat sambutan masyarakat ramai begini, rasa-rasanya kondisi sosiologis dan psikologisnya, bisa saya rasakan akan ke mana suara riil masyarakat,” ujarnya.

Disinggung ihwal persiapan menjelang debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu (7/1/2024), Ganjar mengaku sudah siap menghadapi debat itu meski tidak memiliki persiapan khusus. Dia hanya akan mengikuti alur yang ada. Sebagai informasi debat ketiga nanti bertema pertahanan dan keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Sebagai informasi, hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebut elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran masih unggul sebesar 46,7%, Ganjar-Mahfud Md 24,5%, dan Anies-Imin 21%. Periode survei itu dilakukan pada Sabtu-Minggu (23-24/12/2023).

Sementara survei Center For Strategic and International Studies (CSIS) yang dilakukan pada Rabu-Senin (13-18/12/2023) juga menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran masih yang tertinggi dengan 46,7%, Anies-Imin 26,1%, sementara Ganjar-Mahfud 19,4%.

Pakar Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto, saat diwawancarai Solopos.com baru-baru ini di GOR Giri Mandala Wonogiri, mengatakan kampanye Pilpres 2024 yang saat ini mudah diterima masyarakat adalah kampanye yang menghibur.

Dengan kata lain, kampanye yang tidak banyak membawa isu-isu yang berat. Hal itu mengapa pasangan capres-cawapres yang ramai di media sosial adalah mereka yang menunjukkan sisi menghibur. Karena hal itu yang mudah dicerna masyarakat.

“Masyarakat, anak-anak muda itu tertarik ke politik karena aspek entertainment-nya. Sementara isu yang dibawa Anies, yang dibawa Ganjar itu berat,” kata Agus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya