SOLOPOS.COM - Gedung kaca yang menjadi bangunan ikonik Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Senin (8/4/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Selain terkenal sebagai Kabupaten Jamu, Sukoharjo kini menawarkan berbagai ruang publik dan destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi saat libur Lebaran tahun ini.

Selain Jamu sebagai salah satu daya tarik, Sukoharjo juga punya ruang publik dan destinasi wisata baru yang menarik dikunjungi saat libur Lebaran. Ruang publik itu berupa taman rekreasi, spot wisata alam, hingga embung yang dipercantik untuk menarik pengunjung.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Jika bosan jalan-jalan di mal dan pusat perbelanjaan di kawasan Solo Baru, Kecamatan Grogol, para pemudik bisa sesekali menyempatkan diri menyambangi ruang publik dan destinasi wisata alternatif saat libur Lebaran di Sukoharjo. Berikut ini beberapa pilihan tempat wisata yang direkomendasikan

1. Taman Ratu Maulidya

Taman rekreasi dengan konsep modern ini memadukan taman luas, resto, dan coffee shop. Pengunjung dapat bersantai, menikmati hidangan lezat, dan berswafoto dengan latar belakang hamparan sawah hijau. Taman ini juga dilengkapi minizoo, tempat anak-anak dapat berinteraksi dengan satwa seperti domba dan kelinci.

Gedung kaca yang menjadi bangunan ikonik Taman Ratu Maulidya di Desa Purbayan, Kecamatan Baki, Senin (8/4/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Taman Ratu Malulidya terletak di Jl. Arya Saloka, Desa Purbayan, Kecamatan Baki. “Taman Ratu Maulidya resmi beroperasi pada Juli 2023. Jadi belum genap setahun. Konsep awal memang taman luas dengan bangunan kaca yang menjadi ikon,” kata perwakilan manajemen Taman Ratu Maulidya, Bagas Jati, Senin (8/4/2024).

Setelah resmi beroperasi, respons masyarakat berkunjung ke taman tersebut cukup tinggi. Terutama dari kalangan ibu-ibu dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu sembari rekreasi. Banyak pula perkumpulan atau organisasi yang menggelar pertemuan di lokasi tersebut.

Lambat laun, banyak pengunjung dari kalangan anak muda yang request agar dilengkapi coffee shop. Akhirnya, fasilitas di Taman Ratu Maulidya ditambah coffee shop dan minizoo. Pengunjung bisa berinteraksi dengan satwa seperti domba dan kelinci.

“Taman ini pernah juga digunakan untuk acara resepsi pernikahan atau pre wedding. Ada juga spot swafoto dengan latarbelakang hamparan sawah hijau,” ujar dia.

2. We Land Sunrise View

Destinasi wisata baru ini menawarkan pengalaman berharga dengan spot pemandangan matahari terbit yang cantik. Pengunjung dapat mendirikan tenda di area camping, menikmati suasana alam perbukitan, dan menjelajahi Goa Ngesong. Fasilitas lain yang tersedia di sini termasuk gazebo, playground, toilet, dan spot selfie instagramable.

Tenda pengunjung di We Land Sunrise View di Desa Kamal, Kecamatan Bulu.
Tenda pengunjung di We Land Sunrise View di Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. (Istimewa)

Objek wisata ini tergolong baru di Sukoharjo lantaran mulai beroperasi pada pertengahan 2023. Manager Operasional We Land Sunrise View, Ichsan Wijaya, mengatakan para pengunjung bisa mendirikan tenda di area camping dan menikmati suasana alam perbukitan. Saat pagi hari, para pengunjung bakal disuguhi pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

“Kapasitas pengunjung di area camping sekitar 100 orang, bisa lebih. Terakhir, ada rombongan yang berjumlah 80 orang berkemah di sini,” ujar dia.

Para pengunjung juga bisa menjajal tantangan adrenalin dengan menyusuri Goa Ngesong yang letaknya di area We Land Sunrise View. Para pengunjung bisa trekking menyusuri jalan setapak menuju mulut goa. Di Goa Ngesong, pengunjung bisa menikmati panorama alam yang elok dan luasnya hamparan sawah hijau.

3. Sendang Semurup

Ruang publik baru di Desa Juron, Kecamatan Nguter ini menghadirkan suasana asri dan tenang. Pengunjung dapat bersantai, berjalan-jalan bersama keluarga, jajan kuliner lokal, dan mencoba wahana permainan seperti perahu bebek dan kereta kelinci.

Sendang Semurup berada di wilayah Desa Juron, Kecamatan Nguter. Masyarakat bisa berkunjung ke Sendang Semurup untuk sekadar jalan-jalan santai bersama keluarga atau jajan kuliner lokal.

“Lahan Sendang Sumurup merupakan tanah kas desa yang disulap menjadi destinasi wisata alternatif. Belum lama diresmikan, baru empat tahun berjalan. Nanti, wahana-wahana permainan bakal ditambah lagi,” ujar Kepala Desa Juron, Sarbini Sigit Budiyanto.

Tips:

  • 5">Pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup saat mengunjungi destinasi wisata alam.
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk aktivitas outdoor.
  • Patuhi aturan dan jagalah kebersihan di setiap tempat wisata.

2">Ayo jelajahi Sukoharjo dan ciptakan momen liburan Lebaran yang tak terlupakan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya