SOLOPOS.COM - Beberapa wisatawan mulai tiba di Hotel Grand Bintang, Tawangmangu untuk bermalam, Kamis (11/4/2024). Harga tempat penginapan di Tawangmangu naik dua kali lipat selama libur Lebaran 2024. (Solopos.com/Candra Septian Bantara)

Solopos.com, KARANGANYAR-Harga sewa sejumlah tempat penginapan berupa vila dan hotel di Tawangmangu, Karanganyar, naik dua kali lipat selama libur Lebaran 2024. Kendati demikian, permintaan vila dan kamar hotel tetap tinggi.

Pantauan Solopos.com, Kamis (11/4/2024) sore, sejumlah vila dan hotel di Tawangmangu mulai dipadati wisawatan dari dalam dan luar kota. Kebanyakan wisatawan memilih vila dan hotel di sekitaran Kelurahan Kalisoro.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pemilik vila Budi Luhur Tawangmangu, Mustofa, 24, mengaku permintaan vila miliknya membludak 2 kali lipat saat libur Lebaran 2024. Tercatat 10-20 orang selalu menanyakan slot kosong vila miliknya.

“Lebaran kali ini full senyum, Mas, pesanan vila membludak lebih dari 2 kali lipat. Tiap hari HP saya ada setidaknya 10-20 orang yang menanyakan slot kosong,” katanya kepada Solopos.com.

Bang Mus, sapaan akrabnya, mengaku memberlakukan kenaikan dua kali kali lipat tarif sewa vila  di Tawangmangu selama Lebaran kali ini.  “Harga naik 2 kali lipat dari pada harga weekend. Misal weekend Rp2,5 juta saya naikan Rp3 juta ini lumrah dan hampir semua vila juga naik,” tambahnya.

Tak berbeda dengan Mustofa, Nur, pengelola Himawan Private Vila, juga mengalami peningkatan pemesanan vila sebanyak 2 kali lipat. Menurutnya kebanyakan pemesan vilanya adalah keluarga besar.

Nur menambahkan untuk harga vilanya naik 2,5 kali lipat. Hal ini lantaran banyaknya permintaan selama Ramadan.

“Harga normal kami Rp600.000 weekdays dan Rp800.000 weekend, tapi periode 9-13 April harganya menjadi Rp2 juta per malam,” katanya.

Sementara itu, resepsionis Grand Bintang Hotel, Sri, mengatakan selama libur Lebaran pemesanan kamar hotel melonjak 2 kali lipat dari hari biasanya. Kebanyakan pemesan berasal dari luar kota.

Sri mengungkapkan untuk tarif penginapan di hotelnya memutuskan naik dua kali lipat dari harga normal.  “Biasanya harga kamar tipe normal Rp250.000 saat ini bisa mencapai Rp400.000-Rp500.000,” ungkapnya.

Tak berbeda dengan Sri, Resepsionis Nava Hotel, Yuda, menuturkan bila hotelnya mengalami peningkatan pemesanan hingga 3 kali lipat. Kebanyakan pemesan datang dari luar kota.

Yuda menambahkan Nava Hotel  sebagai salah satu penginapan di Tawangmangu juga memberlakukan harga naik sebanyak 2 kali lipat dibandingkan hari biasa saat libur Lebaran 2024.

“Harga normal kami Rp800.000-Rp1000.000-An, hanya saja kali ini tarif kami menjadi Rp1,5 juta hingga Rp2.000.000-An,” imbuhnya.

Sebagai informasi, bagi wisawatan yang hendak bermalam di Tawangmangu selama libur Lebaran ada baiknya memesan terlebih dahulu vila atau hotel yang akan dipilih. Lantaran bila tidak memesan dahulu risiko tidak mendapatkan kamar atau unit cukup besar, apalagi penginapan lain juga sedang ramai-ramainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya