SOLOPOS.COM - Suasana Waduk Gajah Mungkur (WGM), Jumat (12/4/2024). H+3 Lebaran, WGM diserbu ribuan pengunjung. (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik).

Solopos.com, WONOGIRI – Ribuan pengunjung menyerbu objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Wonigiri, pada hari ketiga Lebaran, Jumat (12/4/2024).

Berdasarkan pantauan Solopos.com di WGM, pukul 15.00 WIB tampak pengunjung beserta kendaraannya harus mengantre di pintu masuk WGM. Pengunjung WGM bukan hanya berasal dari Soloraya, namun juga luar Soloraya.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hal itu bisa dilihat dari beragam jenis kendaraan yang terparkir di area sekitar WGM. Tampak banyak kendaraan berpelat luar Soloraya, seperti B, DK, F, T, dan sebagainya.

Di WGM, pengunjung bisa berkumpul santai bersama keluarga sambil menikmati panorama waduk yang dibangun kurun 1976-1980 ini. Selain itu, pengunjung juga bisa mencicipi berbagai jenis olahan ikan yang ditangkap dari WGM.

Salah satu pengunjung yang berasal dari Klaten, Iwan, menyampaikan dia berkunjung ke WGM bersama sembilan orang anggota keluarganya.

“Ke sini ramai-ramai. Saya ikut maunya anak saja. Apalagi juga bersama keluarga yang datang dari Surabaya pengen ke sini,” jelas Iwan saat ditemui Solopos.com di WGM, Jumat (12/4/2024).

Iwan mengaku sebelumnya sudah berkeliling ke berbagai tempat wisata se-Soloraya. Dan WGM adalah tujuannya akhir sebelum kembali ke Klaten bersama keluarganya.

“Sampai sini tadi sekitar pukul 15.30 WIB. Sebelumnya sudah dari Karanganyar, Solo, dan sebagainya. Setelah ini kayaknya balik ke Klaten,” kata dia.

Iwan lebih memilih duduk sendiri di area depan panggung hiburan WGM sementara keluarganya yang lain berkeliling menikmati pemandangan WGM.

Kepala UPTD WGM, Pardiyanto, mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan guna menyambut pengunjung selama momen mudik Lebaran ini.

“Salah satunya, kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk membantu kelancaran pengunjung WGM, seperti dengan Dishub, Dinkes, Kepolisian, dan sebagainya,” kata Pardiyanto saat ditemui Solopos.com di WGM, Jumat (12/4/2024).

Selain berkoordinasi, lanjut Pardiyanto, pihaknya juga menyediakan hiburan berupa live music yang akan terus ada sampai Senin (15/4/2024).

Saat ditanya jumlah pasti pengunjung pada Jumat (12/4/2024), ia menjawab belum mendapat data dari loket masuk WGM.

“Dilihat dari keramaiannya, sama seperti kemarin [11/4/2024]. Kalau kemarin itu, dalam sehari mencapai 5.200 pengunjung,” jelas dia.

Dia memprediksi bahwa puncak kunjungan ke WGM akan terjadi pada Minggu (14/4/2024) mendatang. Sebabnya, lanjut dia, selain karena Minggu itu merupakan hari terakhir cuti bersama Lebaran, juga merupakan hari raya ketupat.

Dia juga menyampaikan bahwa pada Minggu, pihaknya juga telah menyiapkan acara khusus, yakni bagi-bagi doorprize kepada pengunjung.

“Kami akan bagikan sebanyak 200 doorprize yang dikemas dengan ketupat. Selain itu juga akan bagi-bagi ketupat yang bisa dimakan oleh pengunjung,” kata dia.

Saat ditanya dalam bentuk apa dan berapa total hadianya, Pardiyanto hanya menjelaskan akan ada banyak jenisnya. Sementara untuk total hadiah dia belum bisa menjawab karena doorprize itu merupakan hasil urunan dari berbagai pihak yang ada di WGM, seperti penjual jajanan, penjual jasa, dan sebagainya.

Selain itu, Pardiyanto juga menjelaskan bahwa belum ada wahana baru di WGM. Meskipun revitalisasi WGM telah rampung, lanjut Pardiyanto, namun belum bisa digunakan untuk pengunjung.

“Sebenarnya sudah ada jembatan kaca, namun belum bisa digunakan karena belum ada penyerahan dari Pemerintah Pusat. Itu proyeknya pusat,” kata dia.

Kendati belum ada wahana baru, harga tiket masuk WGM saat momen mudik Lebaran ini juga meningkat. Yang biasanya Rp20.000 saat ini menjadi Rp25.000.

“Untuk harga parkir tetap sama,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya