SOLOPOS.COM - KPPS Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Tenggak, Sidoharjo, Sragen, bakal menggelar pemungutan suara ulang pilpres, Minggu (18/2/2024). Foto diambil pada Sabtu (17/2/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Pemungutan suara ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Tenggak, Sidoharjo, Sragen, untuk pemilihan presiden (pilpres) bakal digelar besok Minggu (18/2/2024).

Berdasarkan pantauan Solopos.com di TPS 05 Tenggak pada Sabtu (17/2/2024), logistik bakal digunakan untuk PSU telah siap. Kotak suara dan bilik suara telah disusun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sidoharjo, Heru Sutanto, menyebut semua sarana dan prasana telah rampung disiapkan. “Contoh untuk kotak suara dan surat suara sudah di dalam semuanya. Tadi sudah diambil di KPU dengan pengawalan dari kepolisian. Kemudian juga untuk undangan sudah disampaikan kepada masyarakat dari teman-teman di KPPS jadi ya seperti mengulang pemungutan suara di hari yang 14 Februari 2024 kemarin,” kata dia saat ditemui wartawan.

Seluruh logistik untuk PSU di TPS 05 Tenggak telah sampai h-1 hari pemungutan suara sesuai mekanisme Pemilu. Logistik tersebut akan dijaga selama 24 jam oleh petugas.

Secara prosedur, tidak ada perbedaan antara PSU dengan pemungutan suara sebelumnya. Misalnya, undangan yang disampaikan ke pemilih dan pemungutan suara dilakukan pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB. Perbedaannya hanya terletak pada logistik yang ditandai dengan stempel PSU di lembar sosialisasi visi misi paslon yang ditempel.

Heru menyebut ada 255 warga yang ada du daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 05 Tenggak. Pihaknya memprediksi proses perhitungan suara bakal selesai lebih cepat setelah TPS ditutup pukul 13.00 WIB.

Camat Sidoharjo, Dwi Cahyono, menambah koordinasi pihak-pihak terkait dalam penyelenggaraan PSU sudah selesai. “Tinggal menunggu pelaksanaan besok. Untuk kehadirannya minimal sama dengan kemarin. Kami berharap agar berjalan normal,“ kata dia.

PSU di TPS 05 Tenggak dilakukan setelah adanya pemilih yang tak masuk dalam DPT maupun DPTb dan tidak berdomisili di sekitar TPS dapat mencoblos di sana. Pemilih itu berasal dan berdomisili di Sleman, DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya