SOLOPOS.COM - Petugas menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2024 di Gedung IPHI Boyolali, Selasa (26/12/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali masih menunggu kelengkapan logistik Pemilu 2024, khususnya surat suara  untuk Pilpres, Pemilu anggota DPD dan DPRD Kabupaten Boyolali.

Hingga awal Januari 2024 ini, tiga jenis surat suara itu belum juga dikirim ke Boyolali. Sementara itu, surat suara DPR dan DPRD Provinsi Jateng yang sudah tiba beberapa waktu lalu sudah hampir selesai disortir dan dilipat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua KPU Boyolali, Maya Yudayanti, mengatakan sortir dan pelipatan surat suara DPRD Provinsi Jateng sudah selesai. Total jumlah surat suara Pemilu DPRD Jateng ada 843.809 lembar yang dikemas dalam 1.688 dus.

“[Surat suara] DPR RI masih kurang 120 dus [dari total 1.688 dus],” kata Maya seperti diberitakan Antara, Rabu (3/1/2024).

Sebelumnya, KPU Boyolali mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 untuk DPRD Provinsi Jawa Tengah di Gedung IPHI Boyolali, Selasa (26/12/2023).

Proses sortir dan pelipatan surat suara melibatkan 490-an orang dan ditargetkan kelar pada Sabtu (30/12/2023). Sebelum menyortir dan melipat surat suara, petugas dari KPU Boyolali mengarahkan cara pelipatan, ketentuan surat suara rusak, dan surat suara cacat cetak akan tetapi masih layak digunakan.

Setelah itu, para petugas sortir dan lipat surat suara bekerja sambil lesehan dan memakai botol kaca untuk melipat surat suara. Ketua KPU Boyolali, Maya Yudayanti, menyampaikan petugas sortir dan lipat surat suara berasal dari warga sekitar gedung IPHI Boyolali.

Mereka mendapatkan bayaran per satu surat suara sekitar Rp280. Selain menyortir dan melipat, mereka juga bertugas mengecek apakah ada yang cacat seperti noda tinta.

Mengenai tiga jenis surat suara yang belum dikirim, KPU Boyolali memperkirakan surat suara Pilpres, DPD, dan DPRD kabupaten itu akan tiba pada awal Januari 2024. Total surat suara yang akan dikirim sekitar 2,4 juta lembar.

Sebagai informasi, untuk masing-masing jenis surat suara tersebut KPU Boyolali akan mendapatkan jatah 843.809 lembar. Hal tersebut berdasarkan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 Boyolali sebanyak 825.630 orang plus 2% untuk cadangan.

“Yang tiga jenis surat suara akan datang sekitar tanggal 2 atau 3 Januari 2024,” ujar Maya kepada Solopos.com, Rabu (27/12/2023). Nantinya, begitu datang surat suara tersebut akan langsung disortir dan dilipat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya