SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran hutan. (Dok. Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemadaman kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu, tepatnya di petak 40 Bukit Ngembel Kawasan Mongkrong, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar dilakukan manual. Kondisi medan curam dan terjal menyulitkan alat berat masuk ke lokasi.

Asisten Perhutani (Asper) Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Sartono, mengatakan pemadaman melibatkan seratusan personel dari petugas BKPH Lawu Utara, Polsek Tawangmang, Koramil Tawangmangu, BPBD, relawan dari berbagai organisasi dan masyarakat Gondosuli.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami gunakan gepyok, sabit, cangkul untuk memadamkan api. Lokasinya sangat curam dan terjal, jadi sedikit menyulitkan untuk pemadaman,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (29/9/2023).

Dia mengatakan langkah penanggulangan agar api tidak merambat lebih jauh dilakukan dengan membuat ilaran atau penyekat. Sejauh ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran.

Dalam sebulan ini, setidaknya kebakaran hutan kali ketiga melanda lereng Gunung, Lawu tepatnya di wilayah BKPH Lawu Utara KPH Surakarta. Kebakaran kali ini terjadi pada Kamis (28/9/2023) petang di petak 40-1 dengan luasan lahan terbakar 2,5 hektare (ha).

“Jenis tanaman yang terbakar rimba campur, serasah dan rumput ilalang. Taksiran kerugian masih dalam perhitungan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya