SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Para pengurus partai politik (parpol) di Klaten mengaku belum sampai pada tahapan bersiap menghadapi Pilkada 2024 yang dijadwalkan pada 27 November 2024. Mereka masih fokus pada hasil Pemilu Legislatif 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Klaten, Sri Martono, mengatakan saat ini partainya masih fokus untuk mengawal hasil penghitungan Pemilu Legislatif.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sampai kemarin kami fokusnya di Pileg. Agar bisa berpikir untuk mempersiapkan Pilkada, kami harus memenangkan [kursi] di Pileg dulu,” kata Sri Martono saat ditemui Solopos.com di salah satu rumah makan di Klaten, Sabtu (24/2/2024).

Hal senada disampaikan Ketua Fraksi PKS DPRD Klaten, Widodo. Namun, Widodo menjelaskan pada prinsipnya PKS siap berkolaborasi dengan partai mana pun untuk Pilkada nanti asalkan membawa kemajuan dan menyejahterakan masyarakat Klaten.

“Pada prinsipnya, PKS menyodorkan putra terbaik atau bergabung dengan siapa, prosesnya itu masih panjang. Harus melalui tahapan-tahapan,” kata Widodo.

Meski belum fokus pada Pilkada, Widodo mengatakan saat masa kampanye pada Pemilu 2024, sudah banyak masukan tentang sosok pemimpin Klaten yang diinginkan warga. Hal itu diperoleh para caleg PKS saat mereka berkampanye menghadapi Pemilu 2024.

Hanya, Widodo belum mau membeberkan kriteria-kriteria calon bupati yang diinginkan warga tersebut. “Ketika kemarin kami kampanye, kami mendengarkan keinginan masyarakat soal sosok bupati yang akan datang seperti apa. Itu sudah kami catat semua. Nanti kami kumpulkan. Setelah ini selesai [Pemilu Legislatif], baru fokus memikirkan Pilkada,” kata Widodo.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Klaten, Yoga Hardaya, juga menegaskan saat ini Golkar masih fokus pada hasil Pemilu Legislatif 2024. Disinggung kemungkinannya maju lagi pada Pilkada 2024, Yoga yang kini menjabat Wakil Bupati (Wabup) Klaten juga masih enggan berkomentar. “Kami menunggu nanti hasil Pemilu ini,” ungkap dia.

Proses penghitungan suara Pemilu 2024 di Klaten segera memasuki pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten. Sebelumnya, tahapan pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan sudah rampung pekan lalu. Rencananya, pleno rekapitulasi tingkat kabupaten digelar dalam pekan ini.

Sementara itu, tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 dijadwalkan pada 27 November 2024. Hal itu sesuai PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Dalam peraturan itu, tahapan pendaftaran pasangan calon dijadwalkan Kamis (29/8/2024). Kemudian penetapan pasangan calon pada Minggu (22/9/2024). Sementara pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2024 dijadwalkan Rabu (27/11/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya