SOLOPOS.COM - Ribuan jemaah memadati Masjid Agung Al Aqsha Klaten saat digelar Salat Idulfitri, Rabu (10/4/2024). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Ribuan umat Islam memadati Masjid Agung Al Aqsha Klaten untuk mengikuti Salat Idulfitri 1445 H, Rabu (10/4/2024) pagi. Jemaah meluber hingga ke halaman masjid.

Salat Idulfitri dimulai sekitar pukul 06.30 WIB. Bupati Klaten, Sri Mulyani, Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, dan rombongan Forkopimda hadir di antara ribuan jamaah. Selaku imam pada Salat Idulfitri pagi itu Ustaz Miftahul Choir dan selaku khotib KH Syamsuddin Asyrofi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dalam khotbahnya, Syamsuddin menjelaskan tentang tiga tahapan puasa Ramadan yakni 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari terakhir. “Setelah tiga tahapan sudah ditunaikan dan kita lulus, saat inilah kita bersuka cita mewujudkan rasa cinta sudah berhasil melaksanakan perintah Allah,” kata Syamsuddin.

Syamsuddin kemudian mengingatkan setelah berhasil menempuh ujian dan lulus dengan baik selama Ramadan, sudah selayaknya untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas hidup.

“Bulan Syawal kata nabi bermakna peningkatan kualitas dan kuantitas hidup kita. Kami ingatkan tiga hal untuk ditingkatkan setahun ke depannya. Tingkatkan loyalitas kepada Allah, cinta kepada rasul dan terakhir kepada ulil amri,” kata Syamsuddin yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten.

Pada kesempatan itu, Syamsuddin juga mengingatkan untuk senantiasa menghormati orang tua. Selain itu, Syamsuddin mengajak seluruh jamaah untuk memuliakan dan menghormati sesama manusia.

“Jangan lupa, semua agama mengajarkan bahwa manusia diciptakan oleh Tuhan. Sebutan Tuhannya saja yang berbeda-beda. Ini artinya menghormati dan memuliakan manusia itu berarti sedang menghormati dan memuliakan yang menciptakannya. Oleh karena itu keagamaan, ketuhanan, dengan kemanusiaan adalah dua hal yang sama-sama penting dalam menjalani dalam hidup ini,” kata dia.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, takjub dengan banyaknya jemaah yang mengikuti Salat Idulfitri di Masjid Agung Al Aqsha Klaten. “Lebaran ini mempersatukan kita semua dan menyambung tali silaturahmi. Semoga seluruh warga masyarakat sehat walafiat. Saya selaku Bupati Klaten mengucapkan Selamat Idulfitri dan mohon maaf lahir dan batin,” kata Mulyani.

Seusai Salat Idulfitri, sebagian jemaah memilih berlama-lama di masjid tersebut bersama keluarga. Tak sedikit yang memanfaatkan kesempatan itu untuk berfoto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya