SOLOPOS.COM - Kondisi jalur tol Solo-Jogja yang akan dibuka secara fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran di wilayah Klaten, Rabu (3/4/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Arah arus lalu lintas di jalur fungsional tol Solo-Jogja bakal diberlakukan pada arah sebaliknya mulai Jumat (12/4/2024). Arah arus tol fungsional pada arus balik bakal diberlakukan dari Klaten menuju ke Colomadu.

Jalur fungsional tol Solo-Jogja dibuka satu arah untuk mengurai kepadatan arus mudik dan balik Lebaran 2024 antara Colomadu hingga Ngawen sepanjang 22 km. Pembukaan jalur fungsional itu diberlakukan pada Jumat (5/4/2024) hingga Senin (15/4/2024).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Jalur fungsional diberlakukan satu arah. Untuk arus mudik, arah arus dari Colomadu melalui Gerbang Tol (GT) Colomadu dan GT Banyudono menuju ke exit tol fungsional di Ngawen, Klaten. pemberlakuan arah arus untuk arus mudik itu yakni Jumat-Kamis (5-11/4/2024).

Saat arus mudik, ada dua pintu keluar yang jalur fungsional yakni exit tol di Kuncen, Ceper Klaten menuju ke arah jalan raya Solo-Jogja. Satu pintu lagi yakni exit tol Ngawen yang terhubung ke ruas jalan Klaten-Jatinom dengan arah ke Jogja melewati wilayah kota atau bisa melalui Jogonalan.

Ada satu pintu keluar tol yang disiapkan saat arus mudik yakni di Karangnongko. Namun, exit tol Karangnongko dibuka ketika kondisi tertentu atau situasional seperti ketika ada antrean kendaraan cukup panjang keluar melalui exit tol Ngawen.

Pada Jumat-Senin (12-15/4/2024), arah arus di jalur fungsional tol Solo-Jogja diberlakukan sebaliknya atau dari Ngawen menuju Colomadu. Jam pembukaan jalur fungsional tetap sama yakni antara pukul 06.00 WIB-17.00 WIB.

“Rencananya besok untuk arus balik. Sesuai rencana, pintu masuk tol fungsional di Ngawen dan Ceper. Untuk gate Karangnongko dibuka situasional ketika di kota Klaten ada kepadatan, pintu masuk tol fungsional melalui Karangnongko,” kata Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, saat ditemui di exit tol Ngawen, Kamis (11/4/2024) petang.

Dengan pemberlakuan arah arus balik, GT Colomadu dan Banyudono menjadi pintu keluar jalur fungsional tol Solo-Jogja. GT Colomadu langsung menyambung ke jalur tol trans Jawa dan arah keluar GT Banyudono menuju ke jalan arteri di Boyolali.

Kasatlantas menjelaskan akses masuk di Ceper juga difungsikan sebagai akses pintu keluar tol fungsional Solo-Jogja. “Untuk Ceper nanti juga sebagai pintu keluar. Jadi masuk melalui Ngawen nanti bisa keluar di Ceper menuju jalan arteri [jalan raya Solo-Jogja menuju ke arah Delanggu dan Solo] untuk memecah arus,” kata Kasatlantas.

Kasatlantas mengimbau warga yang akan melintasi tol fungsional Solo-Jogja tetap hati-hati dalam berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan instruksi petugas kepolisian yang disiagakan.

“Kami sudah siapkan CB [cara bertindak] terkait eskalasi lalu lintas. Imbauan kami tetap berhati-hati, jaga kesehatan baik orang maupun kendaraan,” kata Kasatlantas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya