SOLOPOS.COM - Sup ayam khas Klaten yang dikenal dengan sebutan sop ayam pecok. (Istimewa/klatenkab.go.id).

Solopos.com, KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani, kembali mengajak para pemudik yang berdatangan untuk berwisata maupun mencari aneka sajian kuliner lezat di Kabupaten Bersinar. Mulyani memiliki rekomendasi kuliner enak.

“Pesan untuk para pemudik, selamat berkumpul dengan keluarga. Jangan lupa kulineran, belanja UMKM, dan berwisata di Klaten. Harapan kami para pemudik ini menjadi duta-duta kami untuk promposi potensi yang ada di Klaten ketika pada saatnya pulang ke tempat kerja masing-masing,” kata Mulyani saat ditemui di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Rabu (10/4/2024) pagi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Disinggung rekomendasi kuliner, Mulyani mengatakan banyak pilihan di Klaten. Mulai dari kuliner legendaris hingga kekinian. Namun, dia mengatakan ada beberapa kuliner legendaris di Kabupaten Bersinar yang patut dicoba.

“Tentu yang paling terkenal ada Sop Ayam Pak Min. Kemudian ada ayam Panggang Anggraeni yang disukai Pak Presiden Jokowi. Ada doro bacem [burung dara goreng bacem] Pak Brewok kuliner malamnya Klaten. Ada Bakmi Dhemit. Ada soto ayam. Kemudian ada ayam trancam Bu Mayar Cawas. Satu lagi yang kendal dengan masakan jawanya yakni rumah makan Bu Hj Salamah. Pokoknya makanan super enak, maknyus,” kata Mulyani.

Lesehan Pak Brewok berlokasi di tepi Jl Pemuda, Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah tepatnya di trotoar depan Bank Jateng. Burung dara bacem di warung itu memang menjadi favorit para pecinta kuliner. Sementara itu, ada beberapa tempat bernama kuliner Bakmi Dhemit yang memiliki cita rasa khas dan autentik.

Warung Sop Ayam Pak Min Klaten menyebar di berbagai wilayah. Sop legendaris itu memiliki cita rasa gurih dan segar. Salah satu kawasan yang terdapat warung dengan menu sop legendaris itu di Jl Mayor Kusmanto Klaten.

Sementara itu, warung makan Bu Hj Salamah berlokasi di tepi jalan raya Solo-Jogja, Desa Klepu, Kecamatan Ceper. Salah satu yang menu favorit di warung itu yakni garang asem.

Sementara, warung Bu Mayar Cawas ada di beberapa lokasi seperti di jalan by pass, ruas jalan Jogja-Solo, serta di Kecamatan Cawas. Warung itu menyajikan menu ayam goreng dilengkapi dengan trancam, oseng daun pepaya, gudeg, dan sambal krecek.

Ayam Panggang Ny Anggriani beralamat di Gg Beruang, Jl Rajawali, Kelurahan Kabupaten, Kecamatan Klaten Tengah. Lokasinya berada di perkampungan seberang swalayan Samilaris.

Sementara itu, banyak pilihan menu soto di Kabupaten Bersinar. Bisa jadi, Klaten layak disebut sebagai kabupaten 1.000 soto lantaran saking mudahnya menemukan warung soto mulai dari pelosok hingga tepi jalan raya. Beberapa warung soto yang terkenal seperti Soto Mbok Dele, Soto Gunting Pak Randi, hingga Soto Bebek Bu Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya