SOLOPOS.COM - Baliho Sangiran Fair dan Sangirun terpasang di sejumlah lokasi di wilayah Sragen, Selasa (31/10/2023). (Istimewa/Disporapar)

Solopos.com, SRAGEN — Dua artis kondang, Nella Kharisma dan Dory Harsa, bakal meramaikan rangkaian Sangirun Night Trail 2023 yang dihelat di Sangiran, Kalijambe, Sragen, akhir pekan ini.

Dua artis dangdut itu akan menghibur seribuan para pelari 5K Race dan 5K Fun Run di lokasi finis Lapangan Krikilan, Kalijambe, pada Minggu (5/11/2023). Artis tersebut juga menghibur para pengunjung di Sangiran Fair 2023 yang dibuka mulai Jumat-Minggu (3-5/11/2023)

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berdasarkan rundown Sangirun Night Trail 2023 yang dirilis Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sragen, Sangiran Fair 2023 dengan menampilkan produk khas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dihelat mulai Jumat (3/11/2023). Kemudian pada Sabtu (4/11/2023), ada rangkaian karnaval budaya Sangiran yang di dalamnya ada pembagian doorpize.

Pada Sabtu itu juga Sangiran Fair dibuka dan sekaligus memberangkatkan 150 pelari profesional untuk kategori 25 km. Pemberangkatan loma lari 25 km dilakukan pada Sabtu malam pukul 19.00 WIB dan sembari menunggu pelari sampai finis, warga dihibur dengan penampilan penyanyi Dara Ayu dan Bajol Danu.

Para pelari 25 km diperkirakan tiba di finis pada Minggu (5/11/2023) pukul 01.00 WIB. Rangkaian acara dilanjutkan pada Minggu sore dengan pemberangkatan peserta 5K Race dan 5K Fun Run dengan start di Bukuran dan finis di Krikilan. Pada malam harinya dihibur Nella Kharisma dan Dory Harsa.

Kabid Pemasaran Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Disporapar Sragen, Ana Faridasari, kepada Solopos.com, Rabu (1/11/2023), mengungkapkan Sangiran Fair 2023 merupakan rangkaian Sangirun Night Trail 2023 yang digelar di Terminal Krikilan.

Dia menerangkan pembukaan dilakukan Bupati Sragen sekaligus melepas peserta pelari 25 km pada Sabtu malam. Pada pembukaan itu, ungkap dia, ada festival kembang api.

“Ada 25 stan UMKM yang menjajakan dagangan khas lokal Kalijambe. Puluhan stan itu terdiri atas stan dari 17 desa di wilayah Museum Cagar Budaya Sangiran yang meliputi Kecamatan Kalijambe, Gemolong, dan Plupuh, satu stan PKK Kecamatan Kalijambe, satu stan PKK Kecamatan Mondokan, dan enam stan dari pelaku ekonomi kreatif. Mereka menampilkan produk-produk dan potensi di desa masing-masing,” ujarnya.

Dia menerangkan tema yang diangkat mengikuti tema Sangirun Night Trail 2023, yakni When Sport Meet Culture and Technology. Ana berharap kehadiran artis Nella Kharisma dan Dory Harsa bisa menambah daya tarik bagi pengunjung di Sangiran Fair.

Dia memprediksi pengunjung pada tahun ini lebih meriah bila dibandingkan tahun 2022 karena ada rangkaian kegiatan lainnya, seperti karnaval budaya sangiran dan panggung hiburan dengan bintang tamu Dara Ayu dan Bajol Danu di Sabtu dan Nella Kharisma dan Dory Harsa di Minggu.

“Kami memprediksi pengunjung bisa sampai 1.000 orang per hari. Jadi dalam tiga hari itu diharapkan bisa tembus 3.000 orang. Sosialisasi Sangiran Fair sudah ada di mana-mana dengan pemasangan baliho. Kemudian untuk loading persiapan Sangiran Fair dimulai Selasa (31/10/2023) malam,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya