SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Klaten mengevakuasi kucing yang tercebur sumur di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Jumat (16/2/2024). (Istimewa/Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten melakukan dua upaya penyelamatan atau evakuasi kucing di dua lokasi berbeda pada Jumat (16/2/2024) pagi. Penyelamatan pertama yakni empat anak kucing terjebak di dalam pipa paralon dan, kedua, seekor kucing tercebur sumur.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari Damkar Klaten, kedua laporan evakuasi kucing itu diterima petugas sekitar pukul 06.00 WIB. Petugas kemudian mendatangi satu per satu lokasi laporan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pertama, Regu 3 Damkar Klaten mengevakuasi kucing yang tercebur di salah satu rumah warga Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara. Proses evakuasi berlangsung kurang dari 15 menit hingga pukul 06.30 WIB.

Kucing tersebut masuk ke sumur sedalam 6 meter dan bisa dievakuasi dalam kondisi hidup kemudian diserahkan ke pemiliknya. Petugas kemudian mendatangi lokasi kucing terjebak di dalam pipa di salah satu rumah warga Desa Sobayan, Kecamatan Pedan.

Ada empat anak kucing yang terjebak di dalam pipa saluran pembuangan air talang berdiameter 2,5 inci dan panjang 4 meter. Pipa dalam posisi vertikal.

Anggota Regu 3 Damkar Klaten, Nur Rochim, mengatakan awalnya pemilik rumah mendengar suara anak kucing yang berasal dari arah pipa. Setelah dicek, ternyata ada kucing yang terjebak di dalam pipa saluran pembuangan air talang dari lantai II ke dasar.

Awalnya pemilik kucing berusaha memancing menggunakan tali. Namun, upaya itu tidak berhasil. Setelah itu pemilik kucing menghubungi Damkar Klaten.

Nur menjelaskan tim Damkar mengevakuasi anak kucing itu menggunakan tali jerat yang dikaitkan ke pipa aluminium. “Memang awalnya kami sedikit kesulitan karena diameter pipa hanya 2,5 inci,” kata Nur Rochim saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Petugas sempat mengira hanya ada satu anak kucing di dalam pipa. Ternyata, setelah satu anak kucing berhasil dievakuasi, di dalam pipa masih ada anak kucing lainnya. “Akhirnya berhasil dikeluarkan semuanya hingga total ada empat anak kucing,” ungkap dia.

Proses evakuasi berlangsung selama 3,5 jam mulai pukul 06.30 WIB hingga 10.00 WIB. Setelah dievakuasi, kucing dikembalikan ke pemiliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya