SOLOPOS.COM - Ilustrasi anggota DPRD Wonogiri mengikuti rapat di ruang paripurna Gedung DPRD Wonogiri. (Dok Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membentuk satu fraksi di DPRD Wonogiri setelah dipastikan mendapatkan kursi pada Pemilu 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Wonogiri, Wawan Haryono, mengatakan pembentukan fraksi itu atas kesepakatan bersama tiga partai politik tersebut pada Senin (13/5/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Demokrat memilih bergabung ke fraksi itu lantaran sejak jauh-jauh hari PAN sudah berkomunikasi secara intens terkait pembentukan fraksi di DPRD Wonogiri periode 2024-2029.

Sebagai informasi pada Pemilu 2024, PAN memperoleh tiga kursi, sedangkan PKB dan Partai Demokrat masing-masing dua kursi di DPRD Wonogiri. “Sebenarnya dua parpol saja sudah cukup untuk membentuk fraksi, tetapi setelah berdiskusi tiga partai ini memutuskan untuk bergabung dalam satu fraksi,” kata Wawan saat dihubungi Solopos.com, Jumat (24/5/2024).

Dalam kesepakatan itu, lanjut Wawan, ketua fraksi akan dipimpin Partai Demokrat. Menurutnya, tiga partai itu sudah sepakat atas berbagai hal termasuk sudah mempertimbangkan persoalan-persoalan yang akan muncul ke depannya. Fraksi ini disiapkan untuk permanen.

“Kami sudah berdiskusi panjang sejak jauh-jauh hari. Harapannya untuk Pilkada 2024 ini, ketiga fraksi ini juga tidak berpisah sendiri-sendiri sehingga akan lebih mudah koordinasi,” ujar dia.

Wawan juga menyebut pembentukan fraksi ini sudah mempertimbangkan jauh ke depan termasuk soal Pemilu dan Pilkada 2029. Mereka akan tetap solid dan akan saling mengamankan kursi di DPRD Wonogiri.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPC PKB Wonogiri, Sumarsono, membenarkan kesepakatan pembentukan fraksi tiga partai tersebut di DPRD Wonogiri. Pada periode 2019-2024, PKB bergabung dengan PAN dalam Fraksi Amanat Kebangkitan Bangsa (FAKB).

“Fraksi gabungan PAN, PKB, dan Partai Demokrat bernama Fraksi Amanah Demokrat Bangsa,” kata Sumarsono.

Sebagai informasi, pada periode 2019-2024, ada fraksi di DPRD Wonogiri yakni Fraksi PDIP, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKS, Fraksi Partai Gerindra, dan Fraksi AKB. Dengan melihat proporsi perolehan kursi parpol pada Pemilu 2024, jumlah fraksi di DPRD Wonogiri diproyeksikan tidak berubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya