SOLOPOS.COM - Ketua DPD II Partai Golkar Sragen, Pujono Elli Bayu Efendi. Foto diambil di Kantor DPRD Sragen, pada Senin (19/2/2024). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Partai Golkar Sragen optimistis mengamankan kursi DPRD setempat berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara sementara.

Ketua DPD II Partai Golkar Sragen, Pujono Elli Bayu Efendi, mengaku sudah berusaha maksimal untuk memenangi kontestasi Pemilu 2024. Dia mengeklaim sudah mengamankan beberapa kursi di masing-masing daerah pemilihan (Dapil). Misalnya dua kursi di Dapil Sragen 1 yang meliputi Sragen, Sidoharjo, Masaran sudah berhasil mereka amankan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Dan sampai hari ini, kami aman mendapatkan 1  kursi di Dapil 2, 1 kursi di Dapil 3, 1 kursi di Dapil 4, 1 kursi di Dapil 5. Untuk di Dapil 1 kami sudah aman dua kursi,” ujar Bayu, sapaan akrabnya saat ditemui Solopos.com, di Kantor DPRD Sragen pada Senin (19/2/2024).

Dengan perolehan suara sementara saat ini, menurut Bayu mampu mengembalikan kursi DPRD Sragen yang sempat turun pada Pemilu 2019 lalu.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan pada Pemilu 2014 Partai Golkar mampu mendapatkan 8 kursi yang kemudian turun sebanyak 2 kursi menjadi 6 kursi di Pemilu 2019. “Dan Pemilu 2024 ini, kami naik baru satu kursi. Finalnya menunggu penghitungan di KPU. Harapan kami Partai Golkar bisa kembali ke 8 kursi,” kata dia.

Bayu menyebut Golkar memang memasang kader-kader terbaik untuk mendapatkan kembali kursi yang hilang pada Pemilu sebelumnya, khususnya di Dapil 1 Sragen.

Wakil Ketua DPRD Sragen ini menyebut petahana dari Partai Golkar masih mendominasi perolehan suara terbanyak. Sebanyak 6 petahana dan 1 wajah baru dia klaim mampu meraup perolehan suara yang signifikan.

Sementara, Bayu juga menjadi caleg dengan perolehan suara terbanyak di Dapil 1 Sragen dan internal partai. Namun, dia berharap angka perolehan suara dari Partai Golkar bisa terus melejit hingga perhitungan suara final dari Komisi Pemilihan Umum.

Perebutan kursi di Dapil 1 Sragen makin ketat. Perolehan suara sementara ini dipimpin oleh Ketua DPC Partai Gerindra Sragen, Wahyu Dwi Setyaningrum, yang mendapatkan 2.393 suara. Perolehan suara sementara yang didapat Wahyu hanya unggul tipis dari Ketua DPD II Partai Golkar Sragen, Pujono Elli Bayu Efendi. Bayu menempati posisi kedua sementara yang mampu meraup 2.356 suara.

Angka-angka tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara sementara yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui laman pemilu2014.kpu.go.id, hingga Senin (19/2/2024) pukul 09.00 WIB. Data tersebut didapat di 351 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 708 TPS atau sebanyak 49,58%.

Dapil 1 Sragen juga diramaikan oleh Sekretaris DPC PDIP Sragen yang juga Ketua DPRD Sragen, Suparno. Ia sementara ini menempati posisi ketiga dengan 2.208 suara. Di belakangnya ada wajah baru dari Partai Golkar, Utami Dwi Masithoh, yang meraup 2.102 suara.

Petahana sekaligus Bendahara PDIP Sragen, Sugiyamto, juga masih mampu mendominasi perolehan suara sementara sebanyak 1.890 suara. Ia menempati posisi keempat.

Perolehan suara yang signifikan juga didapatkan politikus PDIP lainnya yaitu Naniek Budhidarmawati dan Heru Waluyo yang mendapatkan perolehan suara sementara masing-masing sebanyak 1.616 suara dan 1.574 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya