SOLOPOS.COM - Papan petunjuk dipasang di salah satu pintu masuk Pasar Gedhe Klaten, Jumat (6/10/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Pasar Gedhe Klaten bakal diresmikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, Senin (4/12/2023). Kehadiran Puan untuk meresmikan pasar tersebut menjadi bagian kunjungan kerjanya di wilayah Soloraya selama dua hari, Minggu-Senin (3-4/12/2023).

Pada Minggu kemarin, Puan menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Boyolali bertemu dengan para pelaku seni di Kebun Raya Indrokilo Boyolali. Pada hari yang sama, Puan mengunjungi Kabupaten Sukoharjo dan bertemu dengan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Puan diagendakan hadir di Pasar Gedhe Klaten sekitar pukul 10.00 WIB. Selain meresmikan Pasar Gedhe Klaten, hari ini Puan juga dijadwalkan bertemu dengan pelaku industri kreatif kelompok payung lukis di Desa Tanjung, Kecamatan Juwiring.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Klaten, Anang Widjatmoko, mengatakan seusai prosesi peresmian Pasar Gedhe Klaten bakal digelar pesta rakyat di lantai III Pasar Gedhe Klaten dengan menghadirkan penyanyi Evan Loss.

Sementara itu, sebelum pesta rakyat, rangkaian peresmian diawali dengan paparan dari Kementerian PUPR. Kemudian sambutan selamat datang yang disampaikan Bupati Klaten, Sri Mulyani, dilanjutkan sambutan Puan Maharani. Sementara itu, peresmian ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti oleh Ketua DPR, Puan Maharani.

Rangkaian peresmian itu untuk mengenalkan Pasar Gedhe Klaten yang sudah rampung direvitalisasi dan belum lama ini dioperasikan. Kondisi pasar saat ini jauh berbeda jika dibandingkan sebelum direvitalisasi.

“Kegiatan ini [peresmian] untuk menginformasikan kepada masyarakat, bahwasanya Klaten sudah memiliki pasar yang luar biasa. Pasar yang terdiri dari empat zona dan representatif. Pasar dengan barang dagangan lengkap, semua kebutuhan pokok ada termasuk beras premium dengan akses yang modern, bersih, dan sebagainya. Tentunya dengan harga yang bersahabat. Megah pasarnya, merakyat harganya,” ungkap Anang saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Jumat (1/12/2023).

Sementara itu, rangkaian peresmian Pasar Gedhe Klaten sebelumnya sudah dimeriahkan dengan selamaten berupa konser musik di Alun-alun Klaten, Sabtu (2/12/2023) malam. Konser itu menghadirkan bintang tamu grup musik Guyon Waton.

Diberitakan, proyek pembangunan Pasar Gedhe dimulai sejak Desember 2021 dan selesai pada pertengahan Mei 2023. Proyek pembangunan pasar tersebut dilakukan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Proyek Pasar Gedhe Klaten menelan anggaran sekitar Rp88,8 miliar dari APBN.

Sebelum proyek pembangunan dimulai, pedagang pasar tersebut pindahan ke pasar darurat di wilayah Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara. Sementara itu, setelah proyek revitalisasi pasar rampung, para pedagang pindahan dan mulai berjualan di Pasar Gedhe Klaten pada Agustus 2023 lalu.

Ada dua gedung utama pasar berlantai tiga serta deretan kios di belakang Plasa Klaten dan di antara kedua gedung itu. Dua gedung masing-masing berlantai III dan keduanya dihubungkan jembatan penyeberangan di lantai III. Gedung A menempati bekas bangunan pasar yang lama. Selain tangga manual, ada travelator yang menghubungkan antarlantai di gedung tersebut.

Sementara itu, gedung B terdiri atas tiga lantai serta menempati lahan yang sebelumnya menjadi kompleks Terminal Angkuta. Pada gedung B, terdapat tempat parkir sepeda motor di lantai III. Antarlantai di gedung B itu dihubungkan eskalator selain tangga manual.

Pasar Gedhe Klaten menjadi salah satu bangunan pasar yang mengusung konsep green building. Sebagian sumber energi listrik pasar itu menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebagai sumber energi baru terbarukan. Listrik dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) itu bakal menyokong kebutuhan energi listrik selain dari listrik PLN.

Pasar Gedhe Klaten menjadi pasar induk di Kabupaten Bersinar. Pasar tersebut menjual berbagai bahan kebutuhan pokok. Kini, pasar tersebut dilengkapi dengan pasar beras di lantai III zona A. Berbagai beras premium termasuk beras unggulan Klaten yakni Rajalele Srinuk dijual di tempat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya